DEFINISI
Tangible
User Interface (TUI) adalah sebuah antar muka pengguna di mana seseorang
berinteraksi dengan informasi digital melalui lingkungan fisik. Sebuah TUI
adalah salah satu teknologi dimana pengguna berinteraksi dengan sistem digital
melalui manipulasi obyek fisik terkait dan langsung mewakili kualitas sistem
tersebut.Nama awal dari TUI adalah Graspable User Interface (GUI), yang tidak
lagi digunakan.
Ide dari
TUI adalah untuk memiliki hubungan langsung antara sistem dan cara anda
mengontrol melalui manipulasi fisik dengan memiliki makna yang mendasar atau
hubungan langsung yang menghubungkan manipulasi fisik ke perilaku yang mereka
picu pada sistem.
Salah satu
pionir dalam user interface yang nyata adalah Hiroshi Ishii , seorang profesor
di MIT Media Laboratory yang memimpin Grup Berwujud Media. Visi tertentu Nya
bagi UIS nyata, yang disebut Bits Tangible, adalah memberikan bentuk fisik ke
informasi digital, membuat bit secara langsung dimanipulasi dan mencolok.
Orang-orang
telah mengembangkan keterampilan canggih untuk merasakan dan memanipulasi
lingkungan fisik mereka. Namun, sebagian besar keterampilan ini tidak digunakan
dalam interaksi dengan dunia digital saat ini. Interaksi dengan informasi
digital saat ini sebagian besar terbatas pada Graphical User Interface
(GUI).Dengan keberhasilan komersial Apple Macintosh dan Microsoft Windows, GUI
telah menjadi paradigma standar untuk Human Computer Interaction (HCI) hari
ini. GUI merupakan informasi (bit) dengan piksel pada layar bit-dipetakan.
Mereka
representasi grafis yang dapat dimanipulasi dengan remote controller generik
seperti mouse dan keyboard. Dengan representasi decoupling (piksel) dari
kontrol (perangkat input) dengan cara ini, GUI memberikan kelenturan untuk
meniru berbagai media grafis. Namun, ketika kita berinteraksi dengan dunia GUI,
kita tidak bisa mengambil keuntungan dari ketangkasan kita atau memanfaatkan
keterampilan kita untuk memanipulasi berbagai benda-benda fisik seperti
manipulasi blok bangunan atau kemampuan untuk membentuk model dari tanah liat.
KARAKTERISTIK
1.
Representasi fisik digabungkan untuk mendasari komputasi informasi digital.
2.
Representasi fisik mewujudkan mekanisme kontrol interaktif.
3.
Representasi fisik perseptual digabungkan untuk secara aktif ditengahi
representasi digital.
4. Keadaan
fisik terlihat “mewujudkan aspek kunci dari negara digital dari sebuah sistem.
Penerapan
Tangible User Interface
1. Mouse
Salah satu
penerapan TUI yang paling sederhana adalah pada mouse. Menyeret mouse melalui
permukaan datar dan gerakan pointer pada layar yang sesuai merupakan cara
berinteraksi dengan sistem digital melalui manipulasi objek fisik. Gerakan yang
dibuat dengan perangkat tersebut memiliki hubungan yang jelas dengan perilaku
yang dipicu sistem, misalnya misalnya pointer bergerak naik ketika Anda
memindahkan mouse maju. Teknologi ini membuat menjadi sangat mudah untuk menguasai
perangkat input dengan bantuan sedikit koordinasi tangan dan mata.
2.
Siftables
Merupakan
perangkat kecil dari proyek awal di MT Media Lab yang memiliki bentuk
menyerupai batu bata kecil yang mempunyai interface. Shiftable memiliki jumlah
lebih dari satu dan mampu berkomunikasi serta berinteraksi satu sama lain
tergantung pada posisinya. Shiftable yang terpisah tahu kapan shiftable lain
berada di dekat mereka dan bereaksi sesuai dengan permainan user.
3.
Reactable
Reactable
adalah alat musik yang dirancang dengan keadaan teknologi seni untuk
memungkinkan musisi (dan lainnya) untuk bereksperimen dengan suara dan
menciptakan musik yang unik.
Instrumen
ini didasarkan pada meja bundar tembus dan bercahaya di mana satu set pucks
dapat ditempatkan. Dengan menempatkan mereka di permukaan (atau membawa mereka
pergi), dengan memutar mereka dan menghubungkan mereka satu sama lain, pemain
dapat menggabungkan unsur-unsur yang berbeda seperti synthesizer, efek, loop
sampel atau elemen kontrol dalam rangka menciptakan komposisi yang unik dan
fleksibel.
Begitu
setiap keping ditempatkan di permukaan, keping itu diterangi dan mulai
berinteraksi dengan keping lain, menurut posisi dan kedekatannya. Interaksi ini
terlihat pada permukaan meja yang bertindak sebagai layar, memberikan umpan
balik instan tentang apa yang sedang terjadi di Reactable, mengubah musik ke
dalam sesuatu yang terlihat dan nyata.
4.
Microsoft Surface
Merupakan
sebuah teknologi dengan layar multi sentuh yang memungkinkan pengguna untuk
berinteraksi dengan built in system pada waktu yang sama. Yang menjadi
perhatian adalah hal tersebut bereaksi tidak hanya ketika disentuh, tetapi
teknologi ini juga dapat mengenali objek yang ditempatkan diatasnya dan dapat
mengatur sendiri perilaku yang terkait dengan benda-benda serta bagaimana kita
dapat memanipulasinya.
5. Marble
Answering Machine
Contoh lain
dari Tangiable User Interface adalah Marble Answering Machine (Mesin Penjawab
Marmer) oleh Durrell Uskup (1992). Marmer merupakan suatu pesan yang
ditinggalkan di mesin penjawab. Menjatuhkan marmer ke piring pemutar,lalu
memutar ulang pesan yang terkait.
6. Sistem
Topobo
Contoh :
Sebuah
contoh nyata adalah Marmer UI Answering Machine oleh Durrell Uskup (1992).
Sebuah kelereng mewakili satu pesan yang ditinggalkan di mesin penjawab.
Menjatuhkan marmer ke piring diputar kembali pesan atau panggilan terkait
kembali pemanggil.
Contoh lain
adalah sistem Topobo. Balok-balok dalam LEGO Topobo seperti blok yang dapat
bentak bersama, tetapi juga dapat bergerak sendiri menggunakan komponen
bermotor. Seseorang bisa mendorong, menarik, dan memutar blok tersebut, dan
blok dapat menghafal gerakan-gerakan ini dan replay mereka.
Pelaksanaan
lain memungkinkan pengguna untuk membuat sketsa gambar di atas meja sistem
dengan pena yang benar-benar nyata. Menggunakan gerakan tangan, pengguna dapat
mengkloning gambar dan peregangan dalam sumbu X dan Y akan hanya sebagai salah
satu program dalam cat. Sistem ini akan mengintegrasikan kamera video dengan
gerakan sistem pengakuan.
Contoh lain
adalah logat, pelaksanaan TUI membantu membuat produk ini lebih mudah diakses
oleh pengguna tua produk. ‘teman’ lewat juga dapat digunakan untuk mengaktifkan
interaksi yang berbeda dengan produk.
Beberapa
pendekatan telah dilakukan untuk membangun middleware untuk TUI generik. Mereka
sasaran menuju kemerdekaan aplikasi domain serta fleksibilitas dalam hal
teknologi sensor yang digunakan. Sebagai contoh, Siftables menyediakan sebuah
platform aplikasi yang sensitif menampilkan gerakan kecil bertindak bersama-sama
untuk membentuk antarmuka manusia-komputer.
Dukungan
kerjasama TUIs harus mengizinkan distribusi spasial, kegiatan asynchronous, dan
modifikasi yang dinamis, TUI infrastruktur, untuk nama yang paling menonjol.
Pendekatan ini menyajikan suatu kerangka kerja yang didasarkan pada konsep
ruang tupel LINDA untuk memenuhi persyaratan ini. Kerangka kerja yang
dilaksanakan TUI untuk menyebarkan teknologi sensor pada semua jenis aplikasi
dan aktuator dalam lingkungan terdistribusi.
Nama inisial Graspable User
Interface, sudah tidak lagi digunakan. Salah satu perintis TUI ialah Hiroshi
Ishii, seorang profesor di Laboratorium Media MIT yang memimpin Tangible Media
Group. Pandangan istimewanya untuk tangible UI disebut tangible bits, yaitu
memberikan bentuk fisik kepada informasi digital sehingga membuat bit dapat
dimanipulasi dan diamati secara langsung.
SUMBER :
http://awaninsky.wordpress.com/2011/11/29/tangible-user-interface/
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2009/12/tangible-user-interface/
http://mengutipilmu.blogspot.com/2012/10/definisi-interfaceantar-muka-dan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar