Sabtu, 29 September 2012

KESIMPULAN TELEMATIKA


-           GOOGLE
Google Inc. (NASDAQ: GOOG dan LSE: GGEA) merupakan sebuah perusahaan publik Amerika Serikat, berperan dalam pencarian Internet,Cloud Computing, serta teknologi iklan online & perangkat lunak. Keuntungan dari AdWords merupakan hampir seluruh keuntungan perusahaan ini.
Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka masih mahasiswa di Universitas Stanford. Mereka berdua memiliki saham pada perusahaan sebesar 16 persen. Pada awalnya, perusahaan ini dibentuk sebagai perusahaan saham pribadi pada 4 September 1998. Penawaran umum perdananya dimulai pada tanggal 19 Agustus 2004. Sejak awal, misi dari perusahaan ini adalah "To organize world's Information and make it universally accessible and useful" (Untuk mengatur seluruh informasi di dunia dan membuatnya bisa diakses dan berguna bagi semua orang), dan slogan tidak resminya adalah "Don't Be Evil" (Janganlah menjadi jahat). Tahun 2006 perusahaan ini melakukan perpindahan markas keMountain View, California.

-          INTERNET EXPLORER
Windows Internet Explorer (dulu dikenal sebagai Microsoft Internet Explorer, disingkat IE atau MSIE) adalah sebuah peramban web danperangkat lunak tak bebas yang gratis dari Microsoft, dan disertakan dalam setiap rilis sistem operasi Microsoft Windows sejak 1995. Pada mulanya, Internet Explorer dirilis sebagai bagian dari paket Plus! for Windows 95 (Inggris) pada saat itu.
Internet Explorer digunakan secara luas sejak tahun 1999, meliputi 95% dari keseluruhan penggunaan peramban web selama tahun 2002 hingga tahun 2003 dengan Internet Explorer 5 dan Internet Explorer 6. Lama kelamaan, ia kehilangan pangsa pasar sejak terlibat dengan kompetisi peramban web, dan kini meliputi 55,92%. Microsoft telah menghabiskan dana hingga 100 juta dolar per tahun untuk mengembangkan Internet Explorer pada tahun 1990an, dengan 1.000 orang yang bekerja di dalamnya.
Sejak rilis pertamanya, Microsoft telah menambahkan fitur dan teknologi seperti penampilan tabel dasar (di versi 1.5), XMLHttpRequest (Inggris)(di versi 5) yang membantu pembuatan halaman web, dan Nama Domain yang Terinternasionalisasi (di versi 7) yang memungkinkan situs webyang menggunakan alamat berkarakter non-Latin (seperti karakter Kanji) diketikkan secara normal pada address bar Internet Explorer.

-          WIKIPEDIA

Wikipedia adalah suatu ensiklopedia online yang bebas disunting oleh siapa saja. Pendiri Wikipedia Jimmy Wales pernah menggambarkan Wikipedia sebagai "sebuah usaha untuk menciptakan dan menyebarkan sebuah ensiklopedia bebas dalam berbagai bahasa berkualitas tinggi kepada setiap orang di planet ini dalam bahasa mereka masing-masing". Wikipedia hadir untuk membawa pengetahuan bagi orang yang memerlukannya. 'Wikipedia' merupakan singkatan dari 'Wiki' dan 'ensiklopedia.
Tujuan Wikipedia adalah untuk menciptakan ensiklopedia bebas untuk semua pengguna--- ensiklopedi yang terbesar dan terlengkap. Tujuan ini tidak mudah dicapai dan mungkin akan memakan waktu bertahun-tahun.

Wikipedia dimiliki oleh sebuah organisasi nirlaba yang bernama Yayasan Wikimedia yang juga mengatur jalannya proyek-proyek Wikimedia lainnya seperti Wiktionary (sebuah kamus wiki),WikibooksWikiquoteWikisource, dll. Yayasan Wikimedia adalah pemilik nama-nama domain tersebut. Awalnya situs Wikipedia dilayani oleh server-server Bomis, Inc., sebuah perusahaan yang saham mayoritasnya dimiliki oleh Jimmy Wales. Seiring dengan berdirinya Yayasan Wikimedia pada 20 Juni 2003, kepemilikan semua nama domain Wikipedia dan proyek-proyeknya dipindahkan ke yayasan Wikimedia. Situs ini dioperasikan oleh komunitas Wikipedia dan diatur oleh prinsip-prinsip yang dibuat oleh Jimmy Wales, termasuk antara lain kebijakan mengenai sudut pandang netral.
Semua artikel dalam situs ini dirilis oleh penulis-penulisnya di bawah lisensi GNU Free Documentation License (disingkat GFDL) atau Lisensi Dokumentasi Bebas GNU, sehingga keseluruhan artikel merupakan konten bebas dan dapat direproduksi kembali secara bebas dengan lisensi yang sama.
-          GOOGLE TRANSLATE

Google Terjemahan (bahasa Inggris: Google Translate) adalah layanan yang disediakan oleh Google Inc. untuk menerjemahkan bagian teks atau halaman web dalam satu bahasa ke bahasa lain. Untuk beberapa bahasa, pengguna diminta untuk memberikan terjemahan alternatif, seperti untuk istilah teknis, yang akan dimasukkan untuk pembaruan dalam proses penerjemahan selanjutnya.

Tidak seperti layanan terjemahan lain seperti Babel Fish dan AOL yang menggunakan SYSTRAN, Google menggunakan perangkat lunak terjemahan sendiri.

Google Terjemahan, seperti alat terjemahan otomatis lain, memiliki beberapa keterbatasan. Meskipun dapat membantu pembaca untuk memahami isi umum dari teks bahasa asing, tetapi tidak memberikan terjemahan akurat.

            Google melakukan penerjemahkan dengan pendekatan yang disebut penerjemahan berdasar statistik. Penerjemahan demikian merupakan hasil penelitian Franz-Josef Och yang telah memenangkan kontes DARPA untuk kecepatan mesin terjemahan pada tahun 2003. Sekarang Och menjadi kepala departemen mesin penerjemah Google.

-          Facebook
Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial dan situs web yang diluncurkan pada bulan Februari 2004 yang dimiliki dan dioperasikan olehFacebook, Inc.  Pada Mei 2012, Facebook memiliki lebih dari 900 juta pengguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakan peralatan bergerak.[4]Pengguna harus mendaftar sebelum dapat menggunakan situs ini. Setelah itu, pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman, dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna dengan ketertarikan yang sama, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah atau perguruan tinggi, atau ciri khas lainnya, dan mengelompokkan teman-teman mereka ke dalam daftar seperti "Rekan Kerja" atau "Teman Dekat". Nama layanan ini berasal dari nama bukuyang diberikan kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh beberapa pihak administrasi universitas di Amerika Serikat dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal satu sama lain. Facebook memungkinkan setiap orang berusia minimal 13 tahun menjadi pengguna terdaftar di situs ini.
Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa ilmu komputer Eduardo Saverin, Dustin Moskovitzdan Chris Hughes. Keanggotaan situs web ini awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford. Situs ini secara perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun. Meski begitu, menurut survei Consumer Reports bulan Mei 2011, ada 7,5 juta anak di bawah usia 13 tahun yang memiliki akun Facebook dan 5 juta lainnya di bawah 10 tahun, sehingga melanggar persyaratan layanan situs ini.

-          Twitter

Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan[7] (tweets). Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut ("follower").
Semua pengguna dapat mengirim dan menerima kicauan melalui situs Twitter, aplikasi eksternal yang kompatibel (telepon seluler), atau dengan pesan singkat (SMS) yang tersedia di negara-negara tertentu. Situs ini berbasis di San Bruno, California dekat San Francisco, di mana situs ini pertama kali dibuat. Twitter juga memiliki server dan kantor di San Antonio, Texas dan Boston, Massachusetts.
Sejak dibentuk pada tahun 2006 oleh Jack Dorsey, Twitter telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia dan saat ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna. Hal ini kadang-kadang digambarkan sebagai "SMS dari internet".
Twitter memiliki logo berupa seekor burung berwarna biru yang bernama "Larry the "Bird", dinamai setelah nama seorang mantan pemain basketNBA, Larry Bird.

-          SmartPhone

Smartphone dapat secara formal digambarkan sebagai telepon seluller atau telepon aktif yang mempunyai kemampuan jauh di atas telepon biasa. Dengan kemampuan menjalankan aplikasi, membekali konsumen dengan perangkat lunak yang downloadable dan mengorganisir perangkat, layaknya membawa sistem komputer pribadi, item yang handy ini membantu konsumen menjalankan kehidupan sehari-hari. Bagaimana wujud smartphone pada awalnya? pada tahun 1992, IBM merancang smartphone sangat awal, bernama Simon. Pertama di rilis di depan umum pada tahun 1993, berkemampuan layar sentuh, dapat melakukan fax, email dan waktu dunia. Diantara keistimewaan lain nya, ini adalah awal mula dari teknologi baru. 

Kemudian, pada tahun 1996 nokia merilis bentuk ponsel smartphone, yang disebut nokia comunicator 9000. nokia 9210 (menyusul kemudian) memiliki layar sentuk berwarna, sementara nokia 9500 juga memiliki wifi dan telepon kamera. Generasi terbaru smartphone terus diproduksi, dengan banyak keistimewaan, aplikasi dan kemampuan teknologi. Hal ini tidak sampai 1997,pada waktu itu ericsson merilis smartphone mereka yang pertama, sebenarnya ditandai 'smartphone'.

Perusahaan-perusahaan mulai mengeluarkan versi smartphone mereka. Microsoft merilis windows CE di tahun 2001, dan Palm OS treo dirilis oleh Handspring di tahun 2002. juga di 2002, Blackberry versi awal dilepaskan oleh RIM. Pada tahun 2009 lebih dari tigapuluh juta individu memiliki blackberry smartphone. 

Di tahun 2007 iPhone pertama dirilis oleh Apple. Apple smartphone mempunyai layar sentuh yang menakjubkan, browser jaringan, dan tampak sebagai versi terbaiksmartphone sampai saat ini. Diharai mendekati lima ratus dolar, pada saat itu teknologi smartphone iPhone ini sangat terkenal, tetapi lumayan mahal untuk konsumen rata-rata. Kemudian, Apple memperkenalkan Appstore mereka, setelah pertengahan 2009 memiliki lebih dari seratus delapan ribu aplikasi downloadable. Harga iphone, dan smartphone yang lain harganya mulai menyusut. Membuat smartphone ini dapat diakses oleh konsumen telepon seluller rata-rata. Sulit dipercaya bahwa telepon seluller telah hadir sejauh ini dalam waktu yang singkat. Lebih enam puluh persen pengguna telepon seluller, sekarang telah memiliki beberapa macam smartphone dari berbagai carrier. Dengan berkembangnya ini, hal tersebut membuat penasaran apa yang akan munsul berikutnya.

-          GOOGLE PLUS

Menurut Deny google plus adalah jejaring sosial baru yang diluncurkan oleh raksasa internet, google. Tentu saja hal ini dilakukan untuk mengikis dominasi Facebook yang sangat berjaya di dunia jejaring sosial dalam beberapa tahun ini. Google Plus dikembangkan dengan nama proyek “Emerald Sea”, proyek rahasia ini sendiri memakan waktu satu tahun lebih dan dipimpin oleh Google Senior VP of Social, Vic Gundotra dan Google VP Product of Google Apps, Bradley Horowitz serta diperkirakan menelan biaya sekitar 585 juta dollar.

Saat ini Google plus telah beranggotakan hampir 20 juta pengguna di minggu kedua setelah peluncurannya. Dengan anggota yang begitu banyak, admin google plus membatasi jumlah anggota google plus dengan hanya menggunakan sistem invite untuk setiap pendaftarannya.

-          WARNET

Warnet singkatan warung internet. Internet sekarang sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat, tidak hanya kalangan menengah keatas yang menganggapnya begitu. Tapi berbagai kalangan menganggapnya sebagai kebutuhan termasuk kalangan menengah kebawah. Sekarang dikalangan pelajar pun sangat membutuhkan oleh sebab itu sejak dini para pelajar sudah dikenalkan dengan tehnologi, komputer, informatika dan internet tentunya. Bahkan sebagian sekolah sudah memasukkan teknologi, informatika, dan komputer ke dalam mata pelajaran sekolahnya. Ini dirasa perlu biar Bangsa Indonesia tidak ketinggalan teknologi dengan bangsa lain. Maka sejak dini harus diperkenalkan tehnologi agar bisa lebih meng-explorasi teknologi dan diharapkan kedepannya bangsa Indonesia bisa menciptakan suatu teknologi yang canggih yang bisa bermanfaat oleh manusia dan diakui seluruh dunia. Alasan itu membuat para orangtua berlomba untuk memperkenalkan teknologi dalam hal ini komputer kepada anak-anak mereka dengan harapan anak mereka jadi lebih bertambah ilmu pengetahuan melalui internet. Mereka sekarang mendukung aktivitas anaknya termasuk pergi ke warnet untuk ber-internet ria. Disamping untuk sosialisasi dan berbagi dengan teman-temannya mereka juga bisa saling bertanya dalam hal pengetahuan ber-internet sehingga mereka jadi lebih paham serta lebih berpengalaman. Inilah yang menyebabkan warnet selalu diserbu oleh masyarakat dimanapun berada, dan warnet selalu penuh dan kadang sampai harus antri. Bukti kalau masyarakat haus akan teknologi dan masih penasaran untuk memperdalam teknologi.
-          GADGET
Gadget secara umum adalah suatu peranti atau instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi praktis spesifik yang berguna. apa arti dari pernyataan tersebut? maksudnya adalah gadget adalah suatu piranti atau alat atau instrumen yang dapat digunakan dengan mudah atau praktis, dapat membantu pekerjaan, memiliki banyak guna.
Gadget pada abad ini bukanlah hanya sebuah piranti atau alat atau instrumen, melainkan sebuah benda teknologi, digital, yang sudah menjadi kebutuhan bagi manusia. Apa buktinya bahwa gadget adalah sebuah kebutuhan? Hampir setiap orang pastinya memiliki radio, tv, atupun hp, dan tanpa gadget gadget tersebut kehidupan kita pasti terasa kurang lengkap dan lebih susah, maksudnya lebih susah adalah kita tidak bisa lebih cepat dalam melakukan sesuatu atau mendapat sesuatu tanpa adanya gadget. Gadget pada abad ini mengalami perkembangan yang sangat pesat, mulai digunakannya tablet, smartphone, laptop, notebook, dll adalah bukti konkretnya. Dan semoga gadget ini dapat berkembang terus dan dapat memberikan banyak dampak positif terhadap kita, manusia. Sekiranya itulah sekilas pengetahuan tentang gadget, semoga berguna.


-          V-CLASS

Virtual class atau yang lebih sering disebut v-class adalah kegiatan belajar mengajar dengan internet sebagai media belajarnya (online), dimana dosen tidak bertatap muka atau bertemu langsung dengan mahasiswanya. Jadi belajarnya melalui sebuah web dimana di dalam web tersebut terdapat materi, soal-soal, dan forum diskusi.

Kelebihan v-class adalah :
1.      Mahasiswa tidak harus datang ke kampus untuk mengikuti perkuliahan, cukup dengan menggunakan internet (online) untuk mendapatkan materi dari dosen yaitu dengan mendownload materi yang diberikan oleh dosen yang bersangkutan.
2.      Bisa dikerjakan dimana saja dan kapan saja dalam batas waktu yang ditentukan. waktu yang diberikan biasanya seminggu, jadi dalam waktu seminggu kita bisa mengerjakan pada pagi hari, siang hari, atau bahkan malam hari, selama belum melewati batas waktu yang telah ditentukan oleh dosen yang bersangkutan.
Kekurangan v-class adalah :

·         Kurang maksimal, karena kita tidak dapat bertemu langsung dengan dosennya untuk mendiskusikan mata kuliah yang bersangkutan jika ada yang tidak dimengerti.
Untuk mengikuti v-class ini, anda bisa meng-klik url :
http://v-class.gunadarma.ac.id/

-          -  STUDENTSITE

Student Site adalah fasilitas berbasis web yang digunakan oleh semua mahasiswa Universitas Gunadarma yang masih aktif. Dalam web ini, mahasiswa Universitas Gunadarma dapat mengetahui banyak sekali informasi – informasi yang sangat penting tentang kegiatan perkuliahan di Universitas Gunadarma. Untuk menggunakan student site, pertama – tama mahasiswa wajib meng-aktifasikan accountnya. Setelah berhasil meng-aktifasikan, barulah mahasiswa dapat me-login account student site-nya.


* KEUNGGULAN STUDENT SITE UNIVERSITAS GUNADARMA

Keunggulan student site Universitas Gunadarma, dapat dilihat pada fitur – fitur yang terdapat di dalam web tersebut. Fitur – fitur yang terdapat di student site Universitas Gunadarma, yaitu :

1. Locker : Dalam fitur ini, mahasiswa dapat mengetahui semua hal yang terkait dengan kegiatan akademisnya di Universitas Gunadarma. Dalam Fitur Locker, terdapat menu – menu layanan, yaitu :

Home : Kembali ke tampilan awal.
WWW NEWS : Mahasiswa dapat membaca info - info terkini tentang Universitas Gunadarma yang juga dimuat di situs resmi universitas.
BAAK NEWS : Mahasiswa dapat membaca berita akademis yang bersumber dari BAAK.
Lecture Message : Mahasiswa dapat membaca pesan dari dosen / admin Universitas Gunadarma.
Rangkuman Nilai : Mahasiswa dapat melihat rangkuman nilainya.
Jadwal Kuliah : Mahasiswa dapat melihat jadwal mata kuliah dan gedung perkuliahan. 
Jadwal Ujian : Mahasiswa dapat melihat jadwal ujian yang akan dihadapinya.
Bebas Perpustakaan : Mahasiswa dapat meminta permohonan bebas perpustakaan.
Surat Keterangan : Mahasiswa dapat meminta permohonan surat keterangan. 
Infor Absensi : Mahasiswa dapat melihat absensinya.
Pendaftaran Lomba Blog : Mahasiswa dapat mendaftarkan dirinya untuk mengikuti lomba blog. 
Info Seminar : Mahasiswa dapat mengetahui informasi tentang seminar – seminar yang diselenggarakan oleh Universitas Gunadarma.
Tulisan (UG Potofolio) : Mahasiswa dapat memposting tulisan – tulisannya. 
Tugas (UG Portofolio) : Mahasiswa dapat memposting tugas – tugasnya. 
Deposit Library : Mahasiswa dapat meng-upload tulisannya di perpustakaan ini. 
Warta Warga : Mahasiswa dapat membaca tulisan – tulisan dari mahasiswa lainnya. 
Blog Komunitas (Perbankan, Linux, Fotografi, Robotika, Arsitektur, Ekonomi Syariah, Pasar Modal) : Mahasiswa dapat mengakses blog komunitas – komunitas yang ada di Universitas Gunadarma.

2. E -mail : Dalam fitur ini, mahasiswa dapat mengirim dan menerima e-mail dengan kapasitas hingga 100 MB.
3. Calendar : Dalam fitur ini, mahasiswa dapat mengatur jadwal hariannya, seperti agenda. Supaya kegiatan – kegiatannya tidak terlewatkan atau terlupakan.
4. Addressbook : Dalam fitur ini, mahasiswa dapat mengelola alamat – alamat email dari teman – teman mahasiswa yang bersangkutan.
5. Info Log : Dalam fitur ini, mahasiswa dapat membuat catatan dan membuat agenda.
6. File Manager : Dalam fitur ini, mahasiswa dapat menyimpan dan mengelola file – file yang dimilikinya.
7. Forum : Dalam fitur ini, mahasiswa dapat berkomunikasi dan bertukar pikiran mengenai suatu topik terkini dengan mahasiswa – mahasiswa lainnya.
8. Polls : Dalam fitur ini, mahasiswa dapat menjaring pendapat mahasiswa lainnya mengenai suatu topik, peristiwa maupun fenomena yang sedang terjadi.
9. Bookmark : Dalam fitur ini, dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa yang sering mencari informasi melalui internet, terutama jika mereka memiliki situs favorit yang sering mereka kunjungi. Karena dengan fitur ini, mahasiswa tersebut dapat menyimpan URL situs favoritnya untuk referensi di kemudian hari.


* KELEMAHAN STUDENT SITE UNIVERSITAS GUNADARMA

Selain keunggulan, terdapat juga kelemahan yang ada pada student site Universitas Gunadarma. Beberapa kelemahan dari student site Universitas Gunadarma, yaitu :
1. Banyak mahasiswa yang kesulitan dalam meng-aktifasi account student site-nya. Hal ini sering terjadi, karena terdapat kesalahan data sehingga banyak mahasiswa yang tidak bisa meng-aktifasi account student site-nya.
2. Terkadang sulit di-akses, karena banyaknya mahasiswa yang meng-akses web ini.


Sejauh ini, student site Universitas Gunadarma dapat dikatakan baik karena banyak sekali manfaat – manfaatnya yang sangat berguna bagi para mahasiswa. Akan tetapi, sebaiknya student site perlu ditambahkan fitur – fitur yang lebih menarik supaya mahasiswa tidak bosan mengakses web tersebut. Student Site dapat diakses di 
http://studentsite.gunadarma.ac.id

-       -   STAFFSITE

StaffSite adalah homepage resmi staff Universitas Gunadarma. Melalui situs ini, pengunjung dapat melihat informasi mengenai staff Universitas Gunadarma.
Syarat pembuatan staffsite :
1. Terdaftar sebagai dosen Universitas Gunadarma
2. Sudah mempunyai email account di webmail Universitas Gunadarma
Pada situs staffsite.gunadarma.ac.id terdapat beberapa menu layanan, yaitu :
1.      Home, berisi informasi umum staff tersebut, seperti Education Background dan Teaching Experiences.
2.      Downloads, berisi file – file yang dapat diperoleh oleh pengunjung (biasanya mahasiswa) untuk mendownload materi atau tugas yang disediakan oleh dosen di staffsitenya.
3.      News and Links, berisi pemberitahuan dan link.
4.      Publications
5.      Blog, adalah blog dari staff tersebut
Kelebihan dari staffsite, antara lain :
·         Memudahkan mahasiswa untuk mengetahui informasi mengenai staff – staff Universitas Gunadarma.
·         Dapat memperoleh materi kuliah atau contoh soal yang telah disediakan di staffsite dosen yang bersangkutan
·         Penyajian situsnya bagus dan menarik
Kekurangan dari staffsite, antara lain :
·         Masih ada staff yang tidak mengisi atau memperbaharui staffsitenya
·         Tampilan dari situs masih setengah layar
·         Terkadang loading di staffsite cukup lambat
Sub domain yang dijadikan tulisan : staffsite.gunadarma.ac.id

KESIMPULANNYA :
Perkembangan dan tren telematika kedepannya sangatlah luar biasa cepat.... karena sudah didukung oleh banyak aplikasi yang memudahkan user dan semua orang untuk dapat mengakses informasi atau pun hanya untuk sekedar berkomunikasi. Ditahun yang akan datang mungkin semua fasilitas sudah lebih canggih lagi. Tanpa terhalang jarak dan waktu. Sehingga orang tidak perlu lagi untuk bersusah payah untuk mencari suatu informasi, telekomunikasi, dan bahkan mata pencaharian ekonomi... semua gadget berlomba lomba untuk dapat lebih baik lagi dengan fasilitas yang luar biasa canggih dan cepat untuk pengaksesannya serta selalu berinovasi untuk memudahkan penggunaannya kepada para user dengan kata lain user friendly.... J
SUMBER :
ratihhpuspitasari.blogspot.com/.../v-class-universitas-gunadarma.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar