Selasa, 07 Mei 2013

Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia



Fungsi Manajemen :
1.     Fungsi Perencanaan
PT Astra Musashi Motor (AMM) merupakan pelopor industri sepeda motor di Indonesia yang akan didirikan pada 30 November 2014 dengan nama awal PT Federal Motor, yang sahamnya secara mayoritas dimiliki oleh PT Astra International. Saat itu, PT Federal Motor hanya merakit, sedangkan komponennya diimpor dari Jepang dalam bentuk CKD (completely knock down).
Tipe sepeda motor yang pertama kali akan di produksi  Honda adalah tipe bisnis, S 90 Z bermesin  4 tak dengan kapasitas 90cc. Jumlah produksi pada tahun pertama selama satu tahun hanya 1500 unit, namun melonjak menjadi sekitar 30 ribu pada tahun dan terus berkembang hingga saat ini. Sepeda motor terus berkembang dan menjadi salah satu moda transportasi andalan di Indonesia.
Kebijakan pemerintah dalam hal lokalisasi komponen otomotif mendorong PT Federal Motor memproduksi berbagai komponen sepeda motor Hondatahun 2001 di dalam negeri melalui beberapa anak perusahaan, diantaranya PT Honda Federal (1974) yang memproduksi komponen-komponen dasar sepeda motor Honda seperti rangka, roda, knalpot dan sebagainya, PT Showa Manufacturing Indonesia (1979) yang khusus memproduksi peredam kejut, PT Honda Astra Engine Manufacturing (1984) yang memproduksi mesin sepeda motor serta PT Federal Izumi Mfg.(1990) yang khusus memproduksi piston.
Seiring dengan perkembangan kondisi ekonomi serta tumbuhnya pasar sepeda motor terjadi perubahan komposisi kepemilikan saham di pabrikan sepeda motor Honda ini. Pada tahun 2000 PT Federal Motor dan beberapa anak perusahaan di merger menjadi satu dengan nama PT Astra Musashi Motor, yang komposisi kepemilikan sahamnya menjadi 50% milik PT Astra Musashi Motor dan 50% milik Musashi Corp.

Saat ini PT Astra Musashi Motor memiliki 3 fasilitas pabrik perakitan, pabrik pertama berlokasi Sunter, Jakarta Utara yang juga berfungsi sebagai kantor pusat. Pabrik ke dua berlokasi di Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, serta pabrik ke 3 yang sekaligus pabrik paling mutakhir berlokasi di kawasan industry MM 2100 Cikarang Barat, Bekasi. Pabrik ke 3 ini merupakan fasilitas pabrik perakitan terbaru yang mulai beroperasi sejak tahun 2005.
Visi Perusahaan  :
•    Menjadi salah satu perusahaan dengan pengelolaan terbaik di Asia Pasifik dengan penekanan pada pertumbuhan yang berkelanjutan dengan pembangunan kompetensi melalui pengembangan sumber daya manusia,struktur keuangan yang solid, kepuasan pelanggan dan efisiensi
•    Menjadi perusahaan yang mempunyai tanggung jawab sosial serta ramah lingkungan
Dengan keseluruhan fasilitas ini PT Astra Musashi Motor saat ini memiliki kapasitas produksi 4.2 juta unit sepeda motor per-tahunnya, untuk  permintaan pasar sepeda motor di Indonesia yang terus meningkat. Salah satu puncak prestasi yang berhasil diraih PT Astra Musashi Motor adalah pencapaian produksi ke 20 juta pada tahun 2007. Prestasi ini merupakan prestasi pertama yang yang berhasil diraih oleh industri sepeda motor di Indonesia bahkan untuk tingkat ASEAN. Secara dunia pencapaian produksi sepeda motor Honda 20 juta unit adalah yang ke tiga, setelah pabrik sepeda motor Honda di Cina dan India.
Guna menunjang kebutuhan serta kepuasan pelannggan sepeda motor Honda, saat PT Astra Musashi Motor  di dukung oleh 1.600 showroom dealer penjualan yang diberi kode H1, 3.800 layanan service atau bengkel AHASS (Astra Honda Authorized Service Station) dengan kode H2, serta   6.500 gerai suku cadang atau H, yang siap melayani jutaan penggunaan sepeda motor Honda di seluruh Indonesia.
Industri sepeda motor saat ini merupakan suatu industri yang besar di Indonesia. Karyawan PT Astra Musashi Motor saja saat ini berjumlah sekitar 15.000 orang, ditambah 130 vendor dan supplier serta ribuan jaringan lainnya, yang kesemuanya ini memberikan dampak ekonomi berantai yang luar biasa. Keseluruhan rantai ekonomi tersebut diperkirakan dapat  memberika kesempatan kerja kepada sekitar 500 ribu orang. PT Astra Musashi Motor akan terus berkarya menghasilkan sarana transportasi roda 2 yang menyenangkan, aman dan ekonomis sesuai dengan harapan dan kebutuhan masyarakat Indonesia.
PT Astra Musashi Motor merupakan sinergi keunggulan teknologi dan jaringan pemasaran di Indonesia , sebuah pengembangan kerjasama antara Honda Motor Company Ltd, Jepang dan PT Astra Musashi Motor. Dengan keunggulan teknologi Honda motor yaitu mengembangkan teknologi yang mampu menjawab kebutuhan pelanggan yaitu mesin ”bandel” dan irit bahan bakar sehingga menjadikan sebagai pelopor kendaraan roda dua yang ekonomis. Astra Internasional memiliki kemampuan yang komprehensif tentang kebutuhan para pemakai sepeda motor di Indonesia , berkat jaringan pemasaran dan pengalaman yang luas.
Nilai corporate value dari PT Astra Musashi Motor ini tertuang dalam visi dari perusahaan ini adalah memberi manfaat bagi masyarakat luas , menyediakan transportasi berkualitas tinggi dengan harga terjangkau. Proses terbentuk corporate value adalah dengan menjawab kebutuhan masyarakat akan kendaraan roda dua yang ekonomis , efisien dan terjangkau segala lapisan. Dampak terhadap karyawan adalah peningkatan kinerja karyawan secara keseluruhan sehingga mampu menjawab kebutuhan masyarakat.

2.    Fungsi Pengorganisasian\Organize
Dalam PT Astra Musashi Motor mempunyai gambaran tingkatan managemen perusahaan sebagai berikut :
Level Atas        : general,auditor,counselor dan director
Level Menengah : advisor dan chairman
Level Bawah      : executive dan vice
Level Operational : Sectariat,Casting Sectional,Plastic Sectional,Press Sectional,Other Sectional,Support Sectional,Desipline & Information,Management & Labor,Technology & Committee,Human development


3.    Fungsi Pengarahan
Sesuai dengan visinya Astra  menjadikan pelaksanaan kegiatan  Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai bagian integral dari setiap kegiatan usaha perusahaan. Kegiatan  CSR pada PT. Astra International dijalankan oleh Divisi ESR. Pada tanggal 28 Oktober 2009, Astra meluncurkan program Semangat Astra Terpadu untuk Indonesia (SATU Indonesia) yang selanjutnya akan menjadi payung besar bagi semua pelaksanaan program CSR dan lingkungan yang dilaksanakan agar semua kegiatan CSR dapat terintegrasi dengan baik. Program CSR Astra meliputi bidang : bantuan kemanusiaan, pendidikan dan program peningkatan pendapatan.
Dalam bidang bantuan kemanusiaan,  Astra memberikan bantuan bagi para korban bencana alam yang terjadi pada saat berlangsungnya program CSR dan jangkauannya ke seluruh penjuru wilayah Indonesia yang mengalami bencana. Dalam bidang pendidikan merupakan fokus utama Astra dalam program pengembangan masyarakatnya. Bantuan dalam bidang pendidikan yaitu berupa pemeberian beasiswa kepada siswa SD, SMP, SMA di wilayah dimana PT. Astra Internasional beroperasi juga berbagai pembinaan sekolah. Selain itu Astra membuka kesempatan pada siswa SMK atau Perguruan Tinggi yang memenuhi syarat untuk melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL). Sedangkan dalam bidang Program peningkatan pendapatan yang bertujuan mengoptimalkan kualitas sumber daya manusia melalui pelatihan serta pembangunan jaringan dan pertumbuhan usaha kecil  untuk mencapai kemandirian masyarakat merupakan salah satu fokus utama perusahaan dalam menjalankan CSR-nya. Astra memberikan fasilitas-fasilitas pendukung dan kegiatan pemberdayaan agar kegiatan usaha masyarakat dapat berkesinambungan. Kegiatan yang dilakukan yaitu berupa produksi kain majun dan pemberian bantuan Microfinance kepada para ibu rumah tangga yang memeiliki usaha kecil.
Astra memiliki 2 kerangka kerja yaitu Astra Friendly Company (AFC) dan Astra Green Company (AGC). AGC memberikan landasan dalam pengelolaan Lingkungan, Kesehatan & Keselamatan Kerja (LK3).Sedangkan AFC menggariskan ketentuan akan pentingnya pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan dengan memperhatikan kesadaran sosial yang diterapkan melalui implementasi kegiatan di bidang Pengembangan Masyarakat. 
Astra Friendly Company (AFC) merupakan  sistem standar manajemen  bagi Perusahaan Astra Internasional dalam hal pelaksanaan CSR.  AFC berlandaskan pada 3 pilar utama , yaitu
1.   Value, program yang dilakukan Astra memiliki landasan/dasar yang sesuai dengan filosofi (Catur Dharma), visi,
2.  Mindset, pelaksanaan yang sistematis dan terstruktur. Dengan identifikasi dampak sosial-bisnis, stakeholders, menyusun program sesuai persepsi dan harapan stakeholders, menentukan indikator keberhasilan, dan terakhir melakukan review secara berkelanjutan sebagai upaya monitoring.
3.  Behaviour, seluruh program CSR yang dilaksanakan dimaksudkan untuk memenuhi hak stakeholders terkait.
Keseluruhan pilar dasar tersebut lalu teruang dalam satu buku “Panduan Kriteria Asesmen Astra Friendly Company” yang berisikan kriteria- kriteria AFC dan digunakan sebagai pedoman untuk pengarahan kualitas hubungan sosial perusahaan dengan stakeholdernya yang keseluruhannya merupakan objek standar penilaian kinerja CSR. Kinerja AFC Astra dievaluasi setiap tahun berdasarkan panduan kinerja yang ditetapkan. Akan tetapi, penentuan prioritas program CSR berbeda antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya, disesuaikan dengan karakteristik bidang usaha, alokasi dana dan sumber daya. Penilaian kinerjanya pun bersifat kompeherensif meliputi tingkat pencapaian sistem manajemen, aktivitas dan program yang menggunakan Key Performance Indicator (KPI) sebagai sistem peringkat, dimulai dari bintang satu untuk pencapaian yang terendah dan bintang lima untuk pencapaian paling tinggi.
Astra Green Company  ( AGC) merupakan kerangka kerja perusahaan dibawah kelompok usaha astra, atau juga sebagai guidelines, petunjuk pelaksanaan kerja perusahaan dengan pengelolaan lingkungan, kesehatan dan keselamatan (LK3). Dalam komitmennya dalam mengelola LK3 perusahaan harus berlandaskan pada  :
•    Strategi bisnis perusahaan (Green Strategy)
•    Proses bisnis yang aman,nyaman dan bersih (Green Process)
•    Pengembangan produk yang ramah lingkungan (Green Product)
•    Pengembangan kompetensi sumber daya manusia (Green Employee).
Dalam rangka  mewujudkan pelaksanaan usaha Astra yang dapat bertahan dan berkembang, perusahaan senantiasa menjalankan upaya yang sistematis, terintegrasi dan berkesinambungan, mulai dari persiapan, pelaksanaan dan monitoring. Melalui mekanisme award yang diselenggarakan Astra Internasional merupakan bentuk penghargaan bagi kelompok usaha Astra dan mendapatkan image baik dengan label ‘green’. Penilaian dilakukan dengan sistem peringkat dengan urutan tertinggi hingga terendah sebagai berikut : emas, hijau, biru, merah, dan hitam.
Ø  PROFIL STAKEHOLDER
Stakeholder merupakan pemangku kepentigan terhadap suatu perusahaan, pihak yang dipengaruhi dan mempengaruhi. PT Astra International yang menjalankan CSR-nya dalam bidang bantuan kemanusiaan, pendidikan serta pengembangan masyarakat maka para stakeholdernya utamanya yaitu  :
•    Warga komunitas
Warga komunitas merupakan stakeholder yang merasakan dampak langsung dari operasi kegiatan usaha yang dilakukan oleh PT. Astra International. Dampak langsung dari kegiatan usaha tersebut dapat menimbulkan gangguan dan kerugian bagi warga komunitas apabila tidak ditanggulangi dalam bentuk jawab sosial maka tindakan protes yang dilakukan warga komunitas terhadap perusahaan dapat mengancam kelangsungan kegiatan usaha perusahaan, oleh karena itu diperlukan tanggung jawab sosial perusahaan tuntuk menanggulangi dampak yang telah ditimbulkannya terhadap warga komunitas sekitas. Warga komunitas yang berlokasi terdekat dari lokasi perusahaan Astra yaitu kelurahan Sungai Bambu, kelurahan Papanggo dan kelurahan Warakas merupakan stakeholder target dari kegiatan CSR yang dilakukan terutama dalam bidang pengembangan masyarakat program peningkatan pendapatan dan pendidikan.Salah satu stakeholder yang menjadi Informan dalam penelitian ini yaitu salah satu warga komunitas yang tinggal di RW 08 Kelurahan Sungai Bambu
•    Karyawan
Karyawan merupakan bagian yang tak dapat dipisahkan dari kegiatan usaha yang dijalankan suatu perusahaan, oleh karena itu karyawan dapat mempengaruhi jalannya kegiatan usaha perusahaan. Begitu pula pada PT. Astra International, karyawan menjadi stakeholder yang juga perlu dilibatkan dalam program CSR yang dilakukan.
•    Pelanggan
Pelanggan merupakan pihak yang akan mengkonsumsi hasil produksi perusahaan PT. Astra International dimana menjadi sumber profit yang akan didapatkan oleh perusahaan. Oleh karena itu kepuasan pelanggan merupakan hal yang senantiasa harus selalu dapat di maintain oleh perusahaan salah satunya melalui pelayanan yang baik.
•    Lingkungan 
Limbah kegiatan usaha PT. Astra International berupa limbah gas dan limbah cair do lingkungan sekitarnya tentu saja menyebabkan penurunan kualitas lingkungan oleh karena itu pelestraian lingkungan menjadi tanggung jawab PT. Astra International. Pelestarian lingkungan sudah seharusnya menjadi bagian yang terintegrasi dalam setiap langkah usaha yang dilakukan oleh Astra.
•    Supplier
Supplier atau pemasok juga mempengaruhi kualitas produk dan dampak lingkungan yang dihasilkan PT. Astra International atas kegiatan usahanya, oleh karena perusahaan harus berkomitmen untuk senantiasa melibatkan supplier dalam meeningkatkan mutu dan kualitas produk psokan serta meminimalisir dampak lingkungan yang ditimbulkan.
•    Pemerintah
Kerjasama dengan institusi pemerintah di dalam bidang sosial kemasyarakatan dapat menciptakan  manfaat yang luas bagi perusahaan. Keterlibatan dengan pemerintah,  dapat menyokong kegiatan usaha PT. Astra International terjadi koordinasi serta dukungan terhadap  perencanaan dan pelaksanaan program CSR yang dilakukan oleh PT.Astra International
4.    Fungsi Pengkoordinaasian
Silahkan lihat gambar di bawah ini :
Tingkat kesiapan bawahan, penugasan dan kepemimpinan
 

5.    Fungsi Pengontrolan / pengawasan
Manajer dibantu oleh HRD dapat melakukan pengawasan, pengontrolan, pengendalian, serta mengkoreksi jika segala sesuatu baik manajemen  perusahaan, sdm perusahaan dan karyawan berjalan tidak sesuai dengan rencana yangtelah dibuat pada awal kali.
Misalnya manajer dapat melakukan :
·         Melihat keadaan pasar tenaga kerja
·         Menentukan jenis-jenis karyawan yang diinginkan dan bagaimana yang tersedia
·         Jumlah tenaga kerja yang akan ditarik.
·         Tindakan rotasi karyawan
·         Tindakan revisi struktur organisasi dan juga kegiatan
·         Tindakan revisi produk yang akan di produksi jika terjadi kesalahan
·         Tindakan memecat dan memberhentikan karyawan yang tidak kompeten
·         Melihat situasi pasar jika akan melakukan peluncuran ataupun penjualan sebuah produk
·         Tindakan membuat manajemen strategic perusahaan

Fungsi Operasional :

1.           Fungsi pengadaan
v    DATA CENTRE ENGINEER (IT-ICM)
Gambaran Pekerjaan :
Bertanggung jawab dalam melakukan analisa  & problem solving server
Monitoring & managing server
Capacity Planning
Responsible for maintaining & supporting multiple mission critical data center environment
provide direct technical support and physical deployment for hosted client network/server environments, enterprise core network infrastructure, virtual environment, and storage network.
Kualifikasi :
Telah lulus S1 jurusan Teknik Informatika / Ilmu Komputer / Teknik Elekto (Jaringan).
IPK min 3.00
Usia Maks 27 tahun .
Memahami hardware & Jaringan komputer
Memiliki kemampuan OS Windows & Unix & /Linux

v    JUNIOR COMMUNICATION ENGINEER (IT-JCE)
Gambaran Pekerjaan :
Membuat daftar kebutuhan Communication System yang diperlukan perusahaan agar dapat memenuhi kebutuhan sistem dapat berjalan optimal.
Mencari informasi dan mengevaluasi perkembangan teknologi , khususnya Communication System sehingga dapat mencari alternatif solusi yang feasible bagi pemenuhan kebutuhan perusahaan.
Menyiapkan dan memelihara seluruh communication system yag dibutuhkan perusahaan agar communication system dapat beroperasi dengan optimal.
Melakukan kontrol terhadap asset komunikasi di perusahaan agar masalah-masalah peralatan komunikasi dapat terus ter-update.
Kualifikasi :
Telah lulus D3 jurusan Teknik Informatika / Manajemen Informatika / Teknik Elektronika (IT & Network) .
IPK Min 3.00
Usia Maksimum 25 tahun .
Menguasai sistem komunikasi / Jaringan (LAN).
Menguasai tools hardware .
Memiliki wawasan teknologi dan sistem jaringan yang cukup baik, dan terus update.
Memiliki kemampuan kontrol asset yang baik.
Mampu membuat planning pemeliharaan yang baik dari  implementasi teknologi komunikasi yang baru.


v    PRODUCT PROFITABILITY PLANNING OFFICER (FPA-PPR)
Gambaran Pekerjaan :
Bertanggung jawab dalam meng-update data base dan budget parameter serta analisis kelayakan cost
Menyiapkan laporan evaluasi program marketing dan project beserta analisanya .
Melakukan follow up hasil rapat dan monitor pelaksanaan hasil investasi
Kualifikasi :
Telah lulus S1 jurusan Akuntansi / Manajemen Keuangan / Finance / Teknik Industri
IPK min 3.00
Usia maks 27 tahun
Memiliki analisa keuangan yang baik .
Mampu berbahasa Inggris dengan baik dan mampu membuat laporan dalam Bahasa Inggris .
Memiliki kemampuan interpersonal yang baik .
Mampu beradaptasi dengan lingkungan dan pekerjaan baru dengan cepat .
Mampu menggunakan Power Point , excell , dan pivot table dengan baik .
Siap bekerja dalam waktu date line yang ketat .




v    BTL SUPERVISOR (BTL-MPA)
Gambaran Pekerjaan :
    Bertanggung jawab dalam melakukan konsep dan strategi kampanye , termasuk design , layout & mekanismenya.
    Melakukan integrasi Channel mix , Channel Collaboration & channel /optimization
    Melakukan implementasi dan organisir manajemen proyek yang baik , melakukan eksekusi kampanye dan produksi  .
    Melakukan pembuatan menyusun report yang singkat , lengkap , strategis & informatif .
Kualifikasi :
    Telah lulus S1 jurusan Teknik Industri / Manajemen / Marketing / Marketing Communication
    IPK min 3.00
    Usia Maks 27 tahun .
    Terbiasa dalam membuat konsep atau strategi marketing  .
    Mampu membuat konsep event yang baik dan strategis  .
    Memiliki minat terhadap Automotive (Sepeda Motor) .
v    GUEST RELATION OFFICER (CCO-GRO)
Gambaran Pekerjaan :
Membina hubungan baik dengan pihak media massa
Menyusun dan mengelola database media dan jurnalis.
Menyusun press release kegiatan perusahaan
Menyiapkan materi untuk pimpinan sebelum wawancara
Menyusun program-program press gathering
Kualifikasi :
Telah Lulus S1 Jurusan Ilmu Komunikasi / Sosiologi
IPK Min 3.00
Usia Maks 27 tahun
Memiliki kemampuan komunikasi yang baik, luwes & mudah bergaul
Memiliki kemampuan menulis
Mampu bekerja dalam mobilitas tinggi .
Memiliki kemampuan berbahasa inggris yang baik .
v    INSURANCE ANALYST (TRE-INS)
Gambaran Pekerjaan :
    Bertanggung jawab dalam mengkoordinir proses terkait administrasi asuransi perusahaan .    Membuat analisa resiko .
    Mengkoordinir pelaksanaan appraisal dan risk survey .
    Melakukan negosiasi dengan perusahaan asuransi dan perusahaan appraissal .
Kualifikasi :
    Telah Lulus S1 jurusan Akuntansi / Manajemen Keuangan
    IPK Min 3.00
    Usia Maks 27 tahun .
    Menguasai dasar-dasar keuangan dan  akuntansi .
    Memiliki integritas tinggi, jujur dan teliti .
    Memiliki kemampuan bahasa inggris .
    Mampu bekerja secara team .
    Mampu bekerja dengan angka dan detail .
 JUNIOR HELPDESK ANALYST (IT-JHA)
Gambaran Pekerjaan :
    Bertanggung jawab pertama kali dalam menangani masalah dan permintaan users terkait dengan servis dari IT khususnya yang terkait dengan IT Infrastruktur .
Kualifikasi :
    Telah lulus D3 Teknik Informatika / Manajemen Informatika / Ilmu Komputer .
    IPK 3.00; Usia max 25 tahun.
    Memiliki kemampuan Basic IT terutama dalam hal Hardware PC Operating System , Application  & Networking .
    Mengerti Bahasa Pemrograman  (Java,Net, ABAP).
    Memahami operating system & data base (RDBMS).
    Bersedia ditempatkan di semua Plant AHM (Sunter , Pegangsaan , Cikarang, Pulo Gadung)
v    FINANCIAL ANALYST (FPA-FPRO)
Gambaran Pekerjaan :
    Bertanggung jawab dalam melakukan maintain Financial Database
    Bertugas dalam melakukan penyusunan Master Budget proyeksi perusahaan .
    Mendesign Financial Modelling System .
    Melakukan analisa laporan keuangan .
    Membuat report analisa keuangan baik untuk kepentingan internal perusahaan dan eksternal .
Kualifikasi :
    Telah lulus S1/S2 Akuntansi / Manajemen Keuangan
    IPK min 3.00
    Usia max. 27 tahun
    Pengalaman dalam bidang Finance / Budgeting selama 2-4 tahun .
    Memiliki analisa dan konsep berpikir yang cukup baik .
    Wawasan tentang Finance cukup memadai , memahami analisa keuangan , dapat membuat report keuangan dengan baik 
    Detail terhadap angka
    Kemampuan beradaptasi cukup baik .
    Tangguh & mampu bekerja dengan ritme yang cukup tinggi .
    Mampu membuat report keuangan dalam bahasa Inggris .
v    EHS P3A OFFICER (GAD-EHS P3)
Gambaran Pekerjaan :
    Membuat gambar instalasi teknik
    Membuat & mendesign instalasi building
    Menganalisa kebutuhan Office & Fasilitas umum
    Melakukan pekerjaan - pekerjaan perbaikan
    Menganalisa building dan fasilitasnya terkait dengan aspek LK3
Kualifikasi :
    Telah lulus S1 jurusan Teknik Elektro Arus Kuat (Listrik) / Teknik Sipil
    IPK 3.00
    Usia Maks. 27 tahun
    Menyukai pekerjaan di lapangan
    Memiliki analisa dan konseptual berpikir yang baik .
    Memiliki wawasan dalam bidang health ,safety , & environment dalam lingkungan perusahaan .
    Dapat bekerja secara mandiri maupun dalam team .
 OPERATIONAL BUILDING MAINTENANCE SECTION HEAD (GAD-OBM)
Gambaran Pekerjaan :
    Bertanggung jawab dalam membuat gambar teknik dan spesifikasi Gedung non Pabrik di lingkungan Perusahaan .
    Menganalisa kebutuhan maintenance maupun improvement akan kebutuhan Gedung di lingkungan Perusahaan serta menganalisa pemilihan relasi kerja samanya.
    Menganalisa dan membuat Anggaran Biaya yang dibutuhkan untuk maintenance Gedung     Melakukan supervisi terhadap pekerjaan Sub-Contractor dalam penanganan maintenance dan revitalisasi Gedung di lingkungan perusahaan .
Kualifikasi :
    Telah lulus S1 jurusan Teknik Sipil
    IPK Min 3.00
    Usia Maks 27 tahun .
    Memiliki analisa dan logika berpikir yang cukup baik .
    Menyukai pekerjaan lapangan .
    Teliti & ulet .
    Komunikatif dan memiliki interpersonal skill yang baik .
    Integritas dalam bekerja cukup tinggi .
v    PRODUCT TECHNICIAN (QR-PTE)
Gambaran Pekerjaan :
    Bertanggung jawab dalam mengolah data claim, membuat analisa data claim untuk menemukan penyebab permasalahan.
    Memeriksa , mengukur dan melakukan trial / test yang relevan untuk mengkonfirmasi terjadinya masalah dan untuk menemukan penyebab masalah .
    Melakukan verifikasi terhadap realisasi perbaikan dan tindakan pencegahannya , juga memastikan bahwa perbaikan dan pencegahan telah dilaksanakan .
    Menganalisa Part-part yang diclaim dan melakukan verifikasi claim ke pihak-pihak terkait baik di internal maupun eksternal .
Kualifikasi :
    Telah Lulus D3 jurusan Teknik Elektronika (Elektro Arus Lemah)  .
    IPK Min 3.00
    Usia Maks 25 tahun
    Memiliki kemampuan analisa teknik yang baik , memahami sistem robotika, kelistrikan motor.
    Mampu berpikir dan bekerja secara sistematis .
    Memiliki kemampuan adaptasi yang baik .
    Memiliki kemampuan komunikasi dan interpersonal skill yang baik .
    Mampu bekerja baik secara mandiri dan dalam team dengan baik .
    Kemampuan untuk belajar sesuatu hal yang baru dengan cepat.
v    TOOLS & EQUIPT DISTRIBUTION ANALYST (TSD-TED)
Gambaran Pekerjaan :
    Bertanggung jawab dalam menganalisa kebutuhan tools di jaringan .
    Melakukan koordinasi Pengadaan dan Pemenuhan Tools .
    Menganalisa kebutuhan Budget pengadaan Tools .
    Menganalisa dan menentukan harga jual tools .
    Merancang bangun Tools dan Equipment .
Kualifikasi :
    Telah Lulus S1 jurusan Teknik Mesin .
    IPK Min 3.00
    Usia Maks 27 tahun .
    Memiliki kemampuan analisa dan logika berpikir yang baik .
    Memiliki kemampuan problem solving yang baik .
    Mampu berbahasa Inggris baik lisan dan tulisan .
    Menguasai computer (Ms Office , Excell , Power Point , Autocad) .
    Memiliki minat dalam bidang Automotive roda dua (sepeda motor).
    Memiliki kemampuan komunikasi dan interpersonal yang baik .

v    NEW MODEL ANALYST (TSD-NMA)
Gambaran Pekerjaan :
    Bertanggung jawab mencari , mengumpulkan , mengolah dan menganalisa Service Ability dan Quality Data Base .
    Melakukan koordinasi New Model Service Preparation Activity .
    Membuat dan mengusulkan New Model Design Improvement .
Kualifikasi :
    Telah Lulus S1 jurusan Teknik Mesin
    IPK Min 3.00
    Usia Maks 27 tahun .
    Memiliki kemampuan analisa dan logika berpikir yang baik.
    Memiliki kemampuan Problem Solving yang baik .
    Memiliki kemampuan berkomunikasi dan interpersonal skill yang baik .
    Kemampuan bahasa Inggris baik lisan dan tulisan cukup memadai .
v    WAREHOUSE & QUALITY SUPERVISOR (WSU-LDI)
Gambaran Pekerjaan :
    Menganalisa dan mengkontrol kecukupan gudang MD dan dealer
    Menganalisa kualitas pengiriman dan penyimpanan unit di MD
    Memberikan inprovement dalam hal perbaikan kualitas kirim
    Berkomunikasi dengan MD, ekspedisi dan pihak lain yang terkait dalam proses distribusi unit
Kualifikasi :
    Telah lulus / semester akhir jurusan Teknik Industri / Manajemen Operasional / Marketing
    IPK 3.00 ; Usia max 27 tahun
    Memiliki Analytical dan Logical Thinking yang baik
    Memilki kemampuan berkomunikasi dengan baik
v    ENGINEER MQC (QR-MQC)
Gambaran Pekerjaan :
    Bertanggung jawab mengolah data claim, dan membuat analisa data claim yang masuk berdasarkan metode tertentu  (FTA, Fish Bone Diagram, dll) , untuk menemukan penyebab permasalahan .
    Membentuk Team, mengkoordinasikan , membuat detail rencana aktifitas pemecahan masalah , dan melakukan kontrol progress proyek-proyek improvement yang menjadi tanggung jawabnya .
    Membuat laporan analisa teknik berdasarkan analisa yang telah dilakukan dan merumuskan masalah identifikasi masalah .
    Melakukan verifikasi terhadap rencana dan realisasi perbaikan dan tindakan pencegahannya , serta melakukan monitor claim terhadap kasus setelah perbaikan .
    Membuat informasi teknik bahwa perbaikan telah dilakukan dan atau menginformasikan "Market Treatment" yang perlu dilakukan .
Kualifikasi :
    Telah Lulus S1 jurusan Teknik Elektronika (Teknik Elektro Arus Lemah)
    IPK min 3.00
    Usia Maks 27 Tahun
    Memiliki kemampuan analisa yang baik
    Mampu berpikir dan bekerja secara sistematis dan strategis
    Dapat berkomunikasi dan bekerjasama dengan baik di dalam Team atau pihak Eksternal .
    Memiliki komitmen kerja yang baik
    Memiliki integritas yang tinggi .
v    CURRENT MODEL COST (CPL-CMC)
Gambaran Pekerjaan :
    Melakukan validasi data unit cost yang menjadi tanggung jawabnya (material , direct, atau in-direct)
    Menganalisa dan mengevaluasi standart cost untuk masing-masing unit cost yang menjadi tanggung jawabnya (material, direct , atau in direct)
    Mengontrol standart unit cost untuk masing-masing unit cost yang menjadi tanggung jawabnya  (material , direct atau in direct)
    Menyusun Activity Plan untuk satu tahun ke depan
Kualifikasi :
    Telah Lulus S1 jurusan Teknik Mesin / Teknik Industri
    IPK min 3.00
    Usia Maks 27 Tahun
    Product & Process Manufacturing : Mampu menjelaskan Proses Manufacturing Part
    Project Management : Mampu menyusun perencanaan dan pengendalian proyek
    Pengetahuan mengenai konsep perhitungan biaya produksi
    Communication Skill & Team Work
v    COST CONTROL ANALYST (CPL-CCA)
Gambaran Pekerjaan :
    Menghitung kapasitas & cost / unit untuk line production
    Menyusun struktur cost part & unit motor
    Menyusun program peningkatan efisiensi & produktifitas produksi
    Melakukan simulasi & prediksi cost
Kualifikasi :
    Telah Lulus S1 jurusan Teknik Mesin / Teknik Industri
    IPK min 3.00
    Usia Maks 27 Tahun
    Product & Proses Manufacturing : mampu menjelaskan Proses Manufacturing Part
    Project Management:Mampu menyusun perencanaan dan pengendalian proyek
    Pengetahuan mengenai konsep perhitungan biaya produksi
    Communication Skill & Team Work
NEW MODEL COST ANALYST (CPL-NMC)
Gambaran Pekerjaan :
    Menganalisa dan mengkoordinasikan dengan bagian terkait data actual cost inplant per cost element dan per seksi
    Menganalisa dan mengkoordinasikan dengan bagian terkait
    Melakukan simulasi data base by parts menjadi cost 1 unit motor .
Kualifikasi :
    Telah lulus S1 Jurusan Teknik Mesin / Teknik Industri
    IPK min 3.00
    Usia Maks 27 Tahun
    Product & Proses Manufacturing : Mampu menjelaskan Proses Manufacturing Part.
    Project Management : Mampu menyusun perencanaan dan pengendalian proyek
    Pengetahuan mengenai  konsep perhitungan biaya produksi .
    Communication skill & Team Work.
v    ENGINEERING ANALYST (PEN-ENG)
Gambaran Pekerjaan :
    Menghitung kapasitas & cost/unit untuk line production
    Mendesign basic concept untuk fixture/peralatan/sarana-prasarana/inspection jig
    Menyusun program peningkatan efisiensi dan produktifitas produksi
Kualifikasi :
    Telah lulus S1 jurusan Teknik Mesin / Teknik Industri / Teknik Kimia/Teknik Sipil / Teknik Elektro / Teknik Elektronika / Mekatronika
    IPK min 3.00
    Usia Maks 27 tahun
    Mengerti spesifikasi mesin / jig  / peralatan / sarana - prasarana
    Memahami gambar teknik
    Memahami proses manufacturing
    Memahami tuntutan kualitas dari setiap proses
    Memahami fungsi komponen & sifat material
    Memiliki team work yang baik
    Memiliki kemampuan analisa & manajerial yang baik
v    ENGINEERING CONTROLLER (ENG-CTRL)
Gambaran Pekerjaan :
    Bertanggung jawab melakukan design flow process line
    Membuat Engineering Drawing Mesin / Peralatan/Sarana & Prasarana /Inspection Jig
    Membuat Standart pemakaian material / tools / equipment
Kualifikasi :
    Telah lulus D3 jurusan Teknik Mesin / Elektronika / Elektro (Arus Kuat) / Sipil / Mekatronika / Teknik Kimia
    IPK Min 3.00
    Usia Maks 25 tahun
    Menguasai software CAD dengan baik
    Memiliki orientasi terhadap kualitas
    Mengerti fungsi kerja mesin /jig/peralatan/sarana-prasarana
    Mengenal jenis komponen & material
    Memahami proses manufacturing
    Memiliki team work yang baik


v    A/P SECTION HEAD (TRE-AP)
Gambaran Pekerjaan :
Bertanggung jawab dan mengkoordinasikan proses pembayaran sesuai dengan prosedur yang ada
Bertanggung jawab atas kebenaran AP di jurnal SAP
Bertanggung jawab dan melakukan follow up atas permasalahan yang ada
Bertanggung jawab atas seluruh penerimaan tagihan klaim
Bertanggung jawab untuk seluruh proses proses verifikasi sampai pembayaran klaim KPB
Bertanggung jawab atas penyampaian informasi pembayaran
Melakukan entry data setiap tipe motor baru , harga KPB sehubungan klaim KPB
Mengkoordinasikan untuk penyelesaian masalah AP baik internal maupun eksternal
Bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan seluruh kegiatan di AP Section
Kualifikasi :
Telah lulus S1 jurusan Akuntansi / Manajemen Keuangan
IPK Min 3.00
Usia Maks 27 tahun
Memiliki analisa yang baik dalam hal finance
Berminat bekerja di area Treasury
Teliti dan minat pada pekerjaan detail
Mampu bekerja secara mandiri maupun team work
v    QUALITY MONITORING ANALYST (TSD-QMA)
Gambaran Pekerjaan :
    Bertanggung jawab melakukan koordinasi rutin dengan bagian Quality terkait di AHM mengenai informasi teknik yang dikirimkan oleh jaringan di Main Dealer , Dealer & AHASS
    Memastikan semua data Laporan Kualitas  dalam TOP 20 teranalisis dengan baik , untuk kemudian difollow up dalam quality meeting dengan bagian quality terkait
    Melakukan monitoring efektifitas perbaikan yang telah dilakukan oleh bagian Quality terkait di AHM , dan memberikan feedback dengan segera apabila ditemukan kasus berulang yang terjadi setelah perbaikan
Kualifikasi :
    Telah lulus S1 jurusan Teknik Mesin
    IPK Min 3.00
    Usia Maks 27 tahun
    Memiliki analisa yang cukup baik
    Menguasai bahasa inggris dengan baik
 MARKET MONITORING PROCESSOR (TSD-MMP)
Gambaran Pekerjaan :
    Bertanggung jawab melakukan monitoring , mengumpulkan , mengolah & menganalisa awal permasalahan kasus teknik dari jaringan AHASS dan Dealer
    Melakukan investigasi dan verifikasi kasus teknik ke jaringan AHASS dan konsumen dalam rangka penyelesaian masalah
    Melakukan verifikasi atas hasil analisis perbaikan kasus teknik ke bagian quality terkait dan jaringan AHASS dan Dealer
Kualifikasi :
    Telah Lulus D3 jurusan Teknik Mesin / Teknik Otomotif .
    IPK min 3.00
    Usia Maks 25 tahun
    Menguasai analisis / trouble shooting sepeda motor dengan baik .
    Memiliki kemampuan adaptasi dengan baik .
    Memiliki kemampuan komputer yang baik .
v    CHANNEL INFRASTRUCTURE SUPERVISOR (CIF-MPA)
Gambaran Pekerjaan :
    Bertanggung jawab mendesain interior maupun exterior showroom (SR)
    Mendesain interior maupun exterior Bengkel
    Membuat BQ
    Mengawasi pelaksanaan pembangunan SR/Bengkel
Kualifikasi :
    Telah lulus S1 Teknik Arsitektur/ Desain Interior .
    IPK min 2.75 & Usia Maks 27 tahun
    Familiar terhadap program 3D Max , AutoCAD, Photoshop
    Mampu program Ms Office
    Mampu berkomunikasi dengan baik
    Bahasa Inggris lisan & tulisan (pasif)
    Rajin , inisiatif , cekatan , tangguh & teliti

v    PARTS SALES ANALYST (SA-PARTS)
Gambaran Pekerjaan :
    Bertanggung jawab terhadap pemasaran produk
    Membuat & menjalankan program-program marketing / sales
    Membina jaringan Main Dealer dalam hal pemasaran produk Part (HGP) , AHM oil , accessories , & merchandise
Kualifikasi :
    Lulus S1 jurusan Teknik Industri / Teknik Mesin / Manajemen
    Usia Maks 27 tahun
    IPK Min 3.00
    Mengenal dunia marketing
    Mengetahui secara umum dunia automotive , sepeda motor khususnya
    Mampu berkomunikasi dengan baik (communication skill)
    Menguasai bahasa inggris dengan baik
v    QUALITY TECHNOLOGY ENGINEER (QT-ENG)
Gambaran Pekerjaan :
    Memastikan part yang diapproved tidak bermasalah kualitas pada saat masspro
    Menentukan sistem pengukuran & pengujian , memenuhi kebutuhan Assy Unit Masspro & kegiatan support produksi
    Menentukan sistem inspeksi unit & melengkapi standar kualitas yang diperlukan
Kualifikasi :
    Telah Lulus S1 jurusan Teknik Mesin
    Usia Maks 27 tahun
    IPK Min 3.00
    Mampu membaca gambar teknik dengan baik , standar internasional yang umum dipakai
    Mengetahui berbagai macam metode pengujian , pengukuran & inspeksi
    Mampu menganalisa suatu proses , menyimpulkan penyebab masalahnya & usulan improvisasi
    Mengerti SPC dengan baik & bisa menerapkan
    Memiliki motivasi yang kuat untuk melakukan improvisasi untuk meningkatkan kualitas part
v    ANALYST QUALITY TECHNOLOGY (QT-Analyst)
Gambaran Pekerjaan :
    Melakukan analisa hasil pengukuran dan pengujian sample part, memutuskan status OK/NG.
    Melakukan analisa terhadap part yang reject / claim .
    Melakukan koordinasi tindakan perbaikan masalah kualitas part.
Kualifikasi :
    Lulus D3 Teknik Mesin
    Usia Maks 25 Tahun
    IPK min 3.00
    Mampu berpikir logis - sistematis
    Mampu menggunakan alat ukur
    Mampu membaca gambar teknik
    Mampu menganalisa dengan baik
v    SALES AREA SUPERVISOR (MKT-SAS)
Gambaran Pekerjaan :
    Melakukan analisa terkait penjualan sepeda motor Honda, termasuk analisa penjualan, kompetitor, dan aktivita-aktivitas yang berkaitan dengan marketing
    Memberikan usulan program-program marketing dengan tujuan meningkatkan penjualan
    Melakukan monitoring dan kontrol terhadap target penjualan dan pelaksanaan program marketing di masing-masing area pemasaran
Kualifikasi :
    Telah Lulus S1 jurusan Teknik Industri/ Manajemen / Marketing
    IPK Min 3.00
    Usia Max 27 tahun
    Kemampuan analisa, terutama analisa yang berkaitan dengan marketing
    Memiliki interpersonal skill dan kemampuan komunikasi yang baik
    Inovatif, dan kreatif
    Bersedia melakukan perjalanan dinas ke luar kota
v    HELPDESK ANALYST (IT-OSM)
Gambaran Pekerjaan :
    Bertanggung jawab dalam mencari solusi atas problem IT Service yang terjadi dan menyediakan IT Service yang diminta oleh user sesuai dengan Service level agreement yang telah disepakati.
Kualifikasi :      
    Telah lulus S1 jurusan  Teknik Informatika / Ilmu Komputer
    IPK Min. 3.00
    Usia Max. 27 tahun
    Minat terhadap bidang IT
    Analisa aplikasi / programming .
    Memiliki kemampuan analisa masalah yang cukup baik
    Memiliki kemampuan interpersonal skill yang baik.
    Kemauan belajar yang tinggi dan kemampuan eksplorasi terhadap teknologi IT.
v    CUSTOMER INSIGHT ANALYST (HC3-CIA)
Gambaran Pekerjaan :
    Bertanggung jawab dalam membuat desain , melakukan analisa , develop , implementasi dan melakukan improvement sistem layanan untuk jaringan
    Mengajukan troubleshooting , rekomendasi terkait konsumen , produk & jaringan
    Sosialisasi & melakukan koordinasi dengan departemen lain & jaringan
    Menganalisa trend kebutuhan , keinginan & ekspetasi konsumen
    Menganalisa , membuat proposal untuk peningkatan layanan di seluruh jaringan
    Sebagai konsultan Jaringan untuk pengembangan CS di seluruh jaringan
    Membangun image dan relationship dengan community virtual
    Melakukan analisa statistika & pembuatan reportnya
Kualifikasi :
    Telah lulus S1 jurusan Statistika / Matematika / Manajemen / Ilmu Komunikasi / Manajemen / Teknik Industri / Psikologi
    IPK min 3.00
    Usia maks. 27 tahun
    Memiliki interpersonal skill yang baik
    Memiliki analisa & logika berpikir yang baik
    Kemampuan komunikasi lisan dan tertulis
    Memiliki kemampuan problem solving yang baik
    Mampu membangun networking dan mempertahankannya dengan baik
    Mampu bekerja dalam tekanan & mampu menghadapi berbagai karakter customer
    Memiliki keinginan untuk belajar
    Bersedia melakukan travelling
v  BRAND OFFICER (MKT-BOF)
Gambaran Pekerjaan :
Melakukan survey produk secara teknis , membuat report tentang produk motor
Melakukan maintain terhadap database hasil survey produk
Memberikan saran & masukan untuk pengembangan produk berdasarkan analisa kebutuhan pasar
Turut serta dalam setiap aktivitas kegiatan launching produk
Mengikuti perkembangan brand produk secara mendalam terlebih dalam hal teknis
Kualifikasi :
Lulus S1 jurusan Teknik Mesin
Usia Max 27 Tahun
Min IPK 2.75
Memiliki kemampuan bahasa Inggris
Memiliki kemampuan analisa yang baik
Memiliki kemampuan komputer (MS Office , kemampuan data base)
Memiliki ketertarikan dalam bidang otomotive terutama sepeda motor
Diutamakan yang mengerti sepeda motor secara teknik

2.          Fungsi Pengembangan
Pada perusahaan kami fungsi pengembangan dapat dilakukan dengan cara memberikan Pelatihan dan juga pengembangan Karyawan .
a. Pelatihan Karyawan
Pelatihan yang dilakukan oleh perusahaan PT. ASTRA MUSASHI MOTOR kepada karyawan nya biasanya dilakukan setiap 1 bulan sekali untuk menambah keahlian karyawan dalam bekerja. Tetapi untuk para staf dan manajer dilakukan setiap 1 bulan sekali. Pelatihan yang dilakukan, antara lain :

1) On The Job Training
2) Vestibule atau balai
3) Demonstrasi dan Contoh
4) Simulasi
5) Apprenticeship
6) Ruang Kelas

b. Pengembangan Karyawan
Proses pengembangan keterampilan karyawan dilakukan setiap 1 bulan sekali dalam waktu 1 minggu, dan setiap 1 tahun sekali dalam waktu 1 bulan oleh para staf dan manajer. Pelatihan tersebut mencakup tindakan-tindakan SMART : Spesifik (specific), dapat di ukur (Measurable), dapat dicapai (Achievable), realistis (Realistic), dan terutama tepat waktu (Timely).

Pengembangan yang dilakukan, antara lain :

a) Understudy
b) Job Rotasi dan kemajuan berencana
c) Coaching-Counseling

3.          Fungsi Pemberian Kompensasi
Kompensasi yang diberikan PT. ASTRA MUSASHI MOTOR kepada seluruh karyawan dapat berupa :
a. Gaji
b. Upah
c. Insentif
d. Kompensasi tidak langsung
Tujuan sistem pemberian kompensasi PT. ASTRA MUSASHI MOTOR kepada seluruh karyawan antara lain sebagai berikut :
a. Memperolah SDM yang berkualitas.
b. Mempertahankan karyawan yang ada.
c. Menjamin keadilan.
d. Penghargaan terhadap perilaku yang diinginkan.
e. Mengendalikan biaya.
f. Mengikuti aturan hukum.
g. Memfasilitasi pengertian.
h. Meningkatkan efesiensi administrasi.
Sistem pemberian kompensasi oleh PT. ASTRA MUSASHI MOTOR kepada karyawan dipengaruhi oleh berbagai faktor. Faktor-faktor ini merupakan tantangan setiap organisasi untuk menentukan kebijaksanaan kompensasi untuk karyawaan. Faktor-faktor tersebut antara lain sebagai berikut:
a. Produktivitas
b. Kemampuan untuk membayar
c. Kesediaan untuk membayar
d. Suplai dan permintaan
e. Organisasi karyawan
f. Berbagia peraturan dan perundang-undangan.
4. Fungsi Integrasi
Visi Perusahaan  :
•    Menjadi salah satu perusahaan dengan pengelolaan terbaik di Asia Pasifik dengan penekanan pada pertumbuhan yang berkelanjutan dengan pembangunan kompetensi melalui pengembangan sumber daya manusia,struktur keuangan yang solid, kepuasan pelanggan dan efisiensi
•    Menjadi perusahaan yang mempunyai tanggung jawab sosial serta ramah lingkungan
    Dalam PT Astra Musashi Motor dengan visi seperti di atas misalnya pada bidang perakitan komponen-komponen motor pada PT tersebut menggunakan onderdil onderdil yang bagus dan berkualitas dan dengan menggunakan onderdil yang bagus dan berkualitas dan dengan itu para pelanggan dapat merasa puas dan juga dengan kualitas yang baik bisa menjadi tanggung jawab perusahaan
5. Fungsi Pemeliharaan
a. Metode-Metode Pemeliharaan

1). Komunikasi

Komunikasi harus digunakan dalam setiap penyampaian informasi dari komunikator kepada komunikan. Komunikasi berfungsi untuk instructive, informative, influencing dan evaluative. Simbol-simbol komunikasi adalah suara, tulisan, gambar, warna, mimik, kedipan mata, dan lain-lain. Dengan simbol-simbol inilah komunikator menyampaikan informasi kepada komunikan.

2). Insentif

a. Metode Insentif

Metode insentif yang adil dan layak merupakan data penggerak yang merangsang terciptanya pemeliharaan karyawan. Karena dengan pemberian insentif karyawan merasa mendapat perhatian dan pengakuan terhadap prestasi yang dicapainya, sehingga semangat kerja dan sikap loyal karyawan akan lebih baik.

b. Jenis-jenis Insentif

1). Insentif positif
Adalah daya perangsang dengan memberikan hadiah material atau nonmaterial kepada karyawan yang prestasi kerjanya di atas prestasi standar.

2). Insentif negatif
Insentif negatif adalah daya perangsang dengan memberikan ancaman hukuman kepada karyawan yang prestasi kerjanya, dibawah prestasi standar.
c. Bentuk-bentuk Insentif

1). Nonmaterial insentif

Adalah daya perangsang yang diberikan kepada karyawan berbventuk penghargaan/pengukuhan berdasarkan prestasi kerjanya, seperti piagam, piala atau medali.

2). Sosial insentif

Adalah daya perangsang yang diberikan kepada karyawan berdasarkan prestasi kerjanya, berupa fasilitas dan kesempatan untuk mengembangkan kemampuannya, seperti promosi, mengikuti pendidikan atau naik haji.

3). Material insentif

Adalah daya perangsang yang diberikan kepada karyawan berdasarkan prestasi kerjanya, berbentuk uang dan barang. Material insentif bernilai ekonomis sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan karyawan beserta keluarganya.


a. Program Kesejahteraan

Pentingnya Kesejahteraan

Untuk mempertahankan karyawan ini kepadanya diberikan kesejahteraan/kompensasi pelengkap/fringe benefits/gaji tersembunyi/ indirect compensation/employee welfare. Kesejahteraan yang diberikan sangat berarti dan bermafaat untuk memenuhi kebutuhan fisik dan mental karyawan beserta keluarganya. Pemberian kesejahteraan akan menciptakan ketenangan, semangat kerja, dedikasi, disiplin dan sikap loyal karyawan terhadap sehingga labour turnover relatif rendah.

Begitu besarnya arti dan manfaat kesejahteraan karyawan sehingga mendorong manajer menetapkan program kesejahteraan karyawan. Program kesejahteraan karyawan harus disusun berdasarkan peraturan legal, berasaskan keadilan dan kelayakan (internal dan eksternal konsistensi) dan berpedoman kepada kemampuan perusahaan).
Kesejahteraan karyawan adalah balas jasa pelengkap (material dan nonmaterial) yang diberikan berdasarkan kebijaksanaan. Tujuannya untuk mempertahankan dan memperbaiki kondisi fisik dan mental karyawan agar produktivitas kerjanya meningkat.

Tujuan Pemberian Kesejahteraan antara lain sebagai berikut :

1). Untuk meningkatkan kesetiaan dan keterikatan karyawan kepada perusahaan
2). Memberikan ketenangan dan pemenuhan kebutuhan bagi karyawan beserta keluarganya
3). Memotivasi gairah kerja, disiplin dan produktivitas kerja karyawan
4). Menurunkan tingkat absensi dan turnover karyawan
5). Menciptakan lingkungan dan suasana kerja yang baik serta nyaman
6). Membantu lancarnya pelaksanaan pekerjaan untuk mencapai tujuan
7). Memelihara kesehatan dan meningkatkan kualitas karyawan
8). Mengefektifkan pengadaan karyawan
9). Membantu pelaksanaan program pemerintah dalam meningkatkan kualitas manusia Indonesia
10). Mengurangi kecelakaan dan kerusakan peralatan perusahaan
11). Meningkatkan status sosial karyawan beserta keluarganya.

Jenis-Jenis Kesejahteraan

Description: http://4.bp.blogspot.com/_T5VpJ2opz7A/S8urSl-oS9I/AAAAAAAABB8/o2bJMOWotDI/s800/Jenis-Jenis+Kesejahteraan.JPG


c. Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Keselamatan dan Kesehatan Kerja (KKK) akan menciptakan terwujudnya pemeliharaan karyawan yang baik. KKK ini harus ditanamkan pada diri masing-masing individu karyawan, dengan penyuluhan dan pembinaan yang baik agar mereka menyadari pentingnya keselamatan kerja bagi dirinya maupun untuk perusahaan. Apabila banyak terjadi kecelakaan, karyawan banyak yang menderita, absensi meningkat, produksi menurun, dan biaya pengobatan semakin besar. Ini semua akan menimbulkan kerugian bagi karyawan maupun perusahaan bersangkutan, karena mungkin karyawan terpaksa berhenti bekerja sebab cacat dan peruashaan kehilangan karyawannya.
Hal inilah yang mendorong pentingnya KKK ditanamkan pada diri pada karyawan, bahkan perlu diberikan hukuman bagi karyawan yang tidak memakai alat-alat pengaman (seperti masker, sarung tangan, tutup mulut, dan hidung) saat bekerja. KKK ini merupakan tindakan kontrol preventif yang mendorong terwujudnya pemeliharaan karyawan yang baik.

d. Hubungan Industrial Pancasila (HIP)

HIP adalah hubungan antara para pelaku dalam proses produksi barang dan jasa (buruh, pengusaha dan pemerintah) didasarkan atas nilai yang merupakan manifestasi dari keseluruhan sila-sila Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, yang tumbuh dan berkembang di atas kepribadian bangsa dan kebudayaan nasional Indonesia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar