Fungsi
Manajemen :
1.
Fungsi
Perencanaan
PT Astra Musashi Motor
(AMM) merupakan pelopor industri
sepeda motor di Indonesia yang akan didirikan pada 30 November 2014 dengan nama
awal PT Federal Motor, yang sahamnya secara mayoritas dimiliki oleh PT Astra
International. Saat itu, PT Federal Motor hanya merakit, sedangkan komponennya
diimpor dari Jepang dalam bentuk CKD (completely knock down).
Tipe sepeda motor yang pertama kali akan di produksi Honda adalah tipe bisnis, S 90 Z
bermesin 4 tak dengan kapasitas 90cc.
Jumlah produksi pada tahun pertama selama satu tahun hanya 1500 unit, namun
melonjak menjadi sekitar 30 ribu pada tahun dan terus berkembang hingga saat
ini. Sepeda motor terus berkembang dan menjadi salah satu moda transportasi
andalan di Indonesia.
Kebijakan pemerintah dalam hal lokalisasi komponen otomotif
mendorong PT Federal Motor memproduksi berbagai komponen sepeda motor
Hondatahun 2001 di dalam negeri melalui beberapa anak perusahaan, diantaranya
PT Honda Federal (1974) yang memproduksi komponen-komponen dasar sepeda motor
Honda seperti rangka, roda, knalpot dan sebagainya, PT Showa Manufacturing
Indonesia (1979) yang khusus memproduksi peredam kejut, PT Honda Astra Engine
Manufacturing (1984) yang memproduksi mesin sepeda motor serta PT Federal Izumi
Mfg.(1990) yang khusus memproduksi piston.
Seiring dengan perkembangan kondisi ekonomi serta tumbuhnya
pasar sepeda motor terjadi perubahan komposisi kepemilikan saham di pabrikan
sepeda motor Honda ini. Pada tahun 2000 PT Federal Motor dan beberapa anak
perusahaan di merger menjadi satu dengan nama PT Astra Musashi Motor, yang komposisi kepemilikan sahamnya menjadi
50% milik PT Astra Musashi Motor dan 50% milik Musashi Corp.
Saat ini PT Astra
Musashi Motor memiliki 3 fasilitas pabrik perakitan, pabrik pertama
berlokasi Sunter, Jakarta Utara yang juga berfungsi sebagai kantor pusat.
Pabrik ke dua berlokasi di Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, serta pabrik ke 3
yang sekaligus pabrik paling mutakhir berlokasi di kawasan industry MM 2100
Cikarang Barat, Bekasi. Pabrik ke 3 ini merupakan fasilitas pabrik perakitan
terbaru yang mulai beroperasi sejak tahun 2005.
Visi Perusahaan :
• Menjadi salah satu
perusahaan dengan pengelolaan terbaik di Asia Pasifik dengan penekanan pada
pertumbuhan yang berkelanjutan dengan pembangunan kompetensi melalui
pengembangan sumber daya manusia,struktur keuangan yang solid, kepuasan
pelanggan dan efisiensi
• Menjadi perusahaan
yang mempunyai tanggung jawab sosial serta ramah lingkungan
Dengan keseluruhan fasilitas ini PT Astra Musashi Motor saat ini
memiliki kapasitas produksi 4.2 juta unit sepeda motor per-tahunnya, untuk permintaan pasar sepeda motor di Indonesia
yang terus meningkat. Salah satu puncak prestasi yang berhasil diraih PT Astra Musashi Motor adalah pencapaian produksi ke 20 juta pada tahun
2007. Prestasi ini merupakan prestasi pertama yang yang berhasil diraih oleh
industri sepeda motor di Indonesia bahkan untuk tingkat ASEAN. Secara dunia
pencapaian produksi sepeda motor Honda 20 juta unit adalah yang ke tiga,
setelah pabrik sepeda motor Honda di Cina dan India.
Guna menunjang kebutuhan serta kepuasan pelannggan sepeda
motor Honda, saat PT Astra Musashi Motor di dukung oleh
1.600 showroom dealer penjualan yang diberi kode H1, 3.800 layanan service atau
bengkel AHASS (Astra Honda Authorized Service Station) dengan kode H2,
serta 6.500 gerai suku cadang atau H,
yang siap melayani jutaan penggunaan sepeda motor Honda di seluruh Indonesia.
Industri sepeda motor saat ini merupakan suatu industri yang
besar di Indonesia. Karyawan PT Astra
Musashi Motor saja saat ini berjumlah
sekitar 15.000 orang, ditambah 130 vendor dan supplier serta ribuan jaringan
lainnya, yang kesemuanya ini memberikan dampak ekonomi berantai yang luar
biasa. Keseluruhan rantai ekonomi tersebut diperkirakan dapat memberika kesempatan kerja kepada sekitar 500
ribu orang. PT Astra Musashi Motor akan terus berkarya menghasilkan sarana transportasi
roda 2 yang menyenangkan, aman dan ekonomis sesuai dengan harapan dan kebutuhan
masyarakat Indonesia.
PT Astra Musashi Motor merupakan sinergi
keunggulan teknologi dan jaringan pemasaran di Indonesia , sebuah pengembangan
kerjasama antara Honda Motor Company Ltd, Jepang dan PT Astra Musashi Motor. Dengan keunggulan teknologi Honda motor yaitu mengembangkan
teknologi yang mampu menjawab kebutuhan pelanggan yaitu mesin ”bandel” dan irit
bahan bakar sehingga menjadikan sebagai pelopor kendaraan roda dua yang
ekonomis. Astra Internasional memiliki kemampuan yang komprehensif tentang
kebutuhan para pemakai sepeda motor di Indonesia , berkat jaringan pemasaran
dan pengalaman yang luas.
Nilai corporate value dari PT Astra Musashi Motor ini tertuang
dalam visi dari perusahaan ini adalah memberi manfaat bagi masyarakat luas ,
menyediakan transportasi berkualitas tinggi dengan harga terjangkau. Proses
terbentuk corporate value adalah dengan menjawab kebutuhan masyarakat akan
kendaraan roda dua yang ekonomis , efisien dan terjangkau segala lapisan.
Dampak terhadap karyawan adalah peningkatan kinerja karyawan secara keseluruhan
sehingga mampu menjawab kebutuhan masyarakat.
2.
Fungsi
Pengorganisasian\Organize
Dalam PT Astra Musashi Motor mempunyai gambaran tingkatan managemen perusahaan sebagai
berikut :
Level Atas :
general,auditor,counselor dan director
Level Menengah : advisor dan chairman
Level Bawah :
executive dan vice
Level Operational :
Sectariat,Casting Sectional,Plastic Sectional,Press Sectional,Other
Sectional,Support Sectional,Desipline & Information,Management &
Labor,Technology & Committee,Human development
3.
Fungsi
Pengarahan
Sesuai dengan visinya Astra
menjadikan pelaksanaan kegiatan
Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai bagian integral dari
setiap kegiatan usaha perusahaan. Kegiatan
CSR pada PT. Astra International dijalankan oleh Divisi ESR. Pada
tanggal 28 Oktober 2009, Astra meluncurkan program Semangat Astra Terpadu untuk
Indonesia (SATU Indonesia) yang selanjutnya akan menjadi payung besar bagi
semua pelaksanaan program CSR dan lingkungan yang dilaksanakan agar semua
kegiatan CSR dapat terintegrasi dengan baik. Program CSR Astra meliputi bidang
: bantuan kemanusiaan, pendidikan dan program peningkatan pendapatan.
Dalam bidang bantuan kemanusiaan, Astra memberikan bantuan bagi para korban
bencana alam yang terjadi pada saat berlangsungnya program CSR dan jangkauannya
ke seluruh penjuru wilayah Indonesia yang mengalami bencana. Dalam bidang
pendidikan merupakan fokus utama Astra dalam program pengembangan
masyarakatnya. Bantuan dalam bidang pendidikan yaitu berupa pemeberian beasiswa
kepada siswa SD, SMP, SMA di wilayah dimana PT. Astra Internasional beroperasi
juga berbagai pembinaan sekolah. Selain itu Astra membuka kesempatan pada siswa
SMK atau Perguruan Tinggi yang memenuhi syarat untuk melakukan Praktek Kerja
Lapangan (PKL). Sedangkan dalam bidang Program peningkatan pendapatan yang
bertujuan mengoptimalkan kualitas sumber daya manusia melalui pelatihan serta
pembangunan jaringan dan pertumbuhan usaha kecil untuk mencapai kemandirian masyarakat
merupakan salah satu fokus utama perusahaan dalam menjalankan CSR-nya. Astra
memberikan fasilitas-fasilitas pendukung dan kegiatan pemberdayaan agar
kegiatan usaha masyarakat dapat berkesinambungan. Kegiatan yang dilakukan yaitu
berupa produksi kain majun dan pemberian bantuan Microfinance kepada para ibu
rumah tangga yang memeiliki usaha kecil.
Astra memiliki 2 kerangka kerja yaitu Astra Friendly Company
(AFC) dan Astra Green Company (AGC). AGC memberikan landasan dalam pengelolaan
Lingkungan, Kesehatan & Keselamatan Kerja (LK3).Sedangkan AFC menggariskan
ketentuan akan pentingnya pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan dengan
memperhatikan kesadaran sosial yang diterapkan melalui implementasi kegiatan di
bidang Pengembangan Masyarakat.
Astra Friendly Company (AFC) merupakan sistem standar manajemen bagi Perusahaan Astra Internasional dalam hal
pelaksanaan CSR. AFC berlandaskan pada 3
pilar utama , yaitu
1. Value, program yang
dilakukan Astra memiliki landasan/dasar yang sesuai dengan filosofi (Catur
Dharma), visi,
2. Mindset, pelaksanaan
yang sistematis dan terstruktur. Dengan identifikasi dampak sosial-bisnis,
stakeholders, menyusun program sesuai persepsi dan harapan stakeholders,
menentukan indikator keberhasilan, dan terakhir melakukan review secara
berkelanjutan sebagai upaya monitoring.
3. Behaviour, seluruh
program CSR yang dilaksanakan dimaksudkan untuk memenuhi hak stakeholders
terkait.
Keseluruhan pilar dasar tersebut lalu teruang dalam satu buku
“Panduan Kriteria Asesmen Astra Friendly Company” yang berisikan kriteria- kriteria
AFC dan digunakan sebagai pedoman untuk pengarahan kualitas hubungan sosial
perusahaan dengan stakeholdernya yang keseluruhannya merupakan objek standar
penilaian kinerja CSR. Kinerja AFC Astra dievaluasi setiap tahun berdasarkan
panduan kinerja yang ditetapkan. Akan tetapi, penentuan prioritas program CSR
berbeda antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya, disesuaikan dengan
karakteristik bidang usaha, alokasi dana dan sumber daya. Penilaian kinerjanya
pun bersifat kompeherensif meliputi tingkat pencapaian sistem manajemen,
aktivitas dan program yang menggunakan Key Performance Indicator (KPI) sebagai
sistem peringkat, dimulai dari bintang satu untuk pencapaian yang terendah dan
bintang lima untuk pencapaian paling tinggi.
Astra Green Company (
AGC) merupakan kerangka kerja perusahaan dibawah kelompok usaha astra, atau
juga sebagai guidelines, petunjuk pelaksanaan kerja perusahaan dengan
pengelolaan lingkungan, kesehatan dan keselamatan (LK3). Dalam komitmennya
dalam mengelola LK3 perusahaan harus berlandaskan pada :
• Strategi bisnis
perusahaan (Green Strategy)
• Proses bisnis yang
aman,nyaman dan bersih (Green Process)
• Pengembangan produk
yang ramah lingkungan (Green Product)
• Pengembangan
kompetensi sumber daya manusia (Green Employee).
Dalam rangka mewujudkan
pelaksanaan usaha Astra yang dapat bertahan dan berkembang, perusahaan
senantiasa menjalankan upaya yang sistematis, terintegrasi dan
berkesinambungan, mulai dari persiapan, pelaksanaan dan monitoring. Melalui
mekanisme award yang diselenggarakan Astra Internasional merupakan bentuk
penghargaan bagi kelompok usaha Astra dan mendapatkan image baik dengan label
‘green’. Penilaian dilakukan dengan sistem peringkat dengan urutan tertinggi
hingga terendah sebagai berikut : emas, hijau, biru, merah, dan hitam.
Ø PROFIL STAKEHOLDER
Stakeholder merupakan pemangku kepentigan terhadap suatu
perusahaan, pihak yang dipengaruhi dan mempengaruhi. PT Astra International
yang menjalankan CSR-nya dalam bidang bantuan kemanusiaan, pendidikan serta
pengembangan masyarakat maka para stakeholdernya utamanya yaitu :
• Warga komunitas
Warga komunitas merupakan stakeholder yang merasakan dampak
langsung dari operasi kegiatan usaha yang dilakukan oleh PT. Astra
International. Dampak langsung dari kegiatan usaha tersebut dapat menimbulkan
gangguan dan kerugian bagi warga komunitas apabila tidak ditanggulangi dalam
bentuk jawab sosial maka tindakan protes yang dilakukan warga komunitas
terhadap perusahaan dapat mengancam kelangsungan kegiatan usaha perusahaan, oleh
karena itu diperlukan tanggung jawab sosial perusahaan tuntuk menanggulangi
dampak yang telah ditimbulkannya terhadap warga komunitas sekitas. Warga
komunitas yang berlokasi terdekat dari lokasi perusahaan Astra yaitu kelurahan
Sungai Bambu, kelurahan Papanggo dan kelurahan Warakas merupakan stakeholder
target dari kegiatan CSR yang dilakukan terutama dalam bidang pengembangan
masyarakat program peningkatan pendapatan dan pendidikan.Salah satu stakeholder
yang menjadi Informan dalam penelitian ini yaitu salah satu warga komunitas
yang tinggal di RW 08 Kelurahan Sungai Bambu
• Karyawan
Karyawan merupakan bagian yang tak dapat dipisahkan dari
kegiatan usaha yang dijalankan suatu perusahaan, oleh karena itu karyawan dapat
mempengaruhi jalannya kegiatan usaha perusahaan. Begitu pula pada PT. Astra
International, karyawan menjadi stakeholder yang juga perlu dilibatkan dalam
program CSR yang dilakukan.
• Pelanggan
Pelanggan merupakan pihak yang akan mengkonsumsi hasil
produksi perusahaan PT. Astra International dimana menjadi sumber profit yang
akan didapatkan oleh perusahaan. Oleh karena itu kepuasan pelanggan merupakan
hal yang senantiasa harus selalu dapat di maintain oleh perusahaan salah
satunya melalui pelayanan yang baik.
• Lingkungan
Limbah kegiatan usaha PT. Astra International berupa limbah
gas dan limbah cair do lingkungan sekitarnya tentu saja menyebabkan penurunan
kualitas lingkungan oleh karena itu pelestraian lingkungan menjadi tanggung
jawab PT. Astra International. Pelestarian lingkungan sudah seharusnya menjadi
bagian yang terintegrasi dalam setiap langkah usaha yang dilakukan oleh Astra.
• Supplier
Supplier atau pemasok juga mempengaruhi kualitas produk dan
dampak lingkungan yang dihasilkan PT. Astra International atas kegiatan
usahanya, oleh karena perusahaan harus berkomitmen untuk senantiasa melibatkan
supplier dalam meeningkatkan mutu dan kualitas produk psokan serta
meminimalisir dampak lingkungan yang ditimbulkan.
• Pemerintah
Kerjasama dengan institusi pemerintah di dalam bidang sosial
kemasyarakatan dapat menciptakan manfaat
yang luas bagi perusahaan. Keterlibatan dengan pemerintah, dapat menyokong kegiatan usaha PT. Astra
International terjadi koordinasi serta dukungan terhadap perencanaan dan pelaksanaan program CSR yang
dilakukan oleh PT.Astra International
4.
Fungsi
Pengkoordinaasian
Silahkan lihat gambar di bawah ini :
Tingkat kesiapan bawahan, penugasan dan kepemimpinan
5.
Fungsi
Pengontrolan / pengawasan
Manajer
dibantu oleh HRD dapat melakukan pengawasan, pengontrolan, pengendalian, serta
mengkoreksi jika segala sesuatu baik manajemen
perusahaan, sdm perusahaan dan karyawan berjalan tidak sesuai dengan
rencana yangtelah dibuat pada awal kali.
Misalnya
manajer dapat melakukan :
·
Melihat keadaan pasar
tenaga kerja
·
Menentukan jenis-jenis
karyawan yang diinginkan dan bagaimana yang tersedia
·
Jumlah tenaga kerja yang
akan ditarik.
·
Tindakan rotasi karyawan
·
Tindakan revisi struktur
organisasi dan juga kegiatan
·
Tindakan revisi produk
yang akan di produksi jika terjadi kesalahan
·
Tindakan memecat dan
memberhentikan karyawan yang tidak kompeten
·
Melihat situasi pasar jika
akan melakukan peluncuran ataupun penjualan sebuah produk
·
Tindakan membuat manajemen
strategic perusahaan
Fungsi
Operasional :
1.
Fungsi
pengadaan
v DATA CENTRE ENGINEER (IT-ICM)
Gambaran Pekerjaan :
Bertanggung jawab dalam melakukan analisa & problem solving server
Monitoring & managing server
Capacity Planning
Responsible for maintaining & supporting multiple mission
critical data center environment
provide direct technical support and physical deployment for
hosted client network/server environments, enterprise core network
infrastructure, virtual environment, and storage network.
Kualifikasi :
Telah lulus S1 jurusan Teknik Informatika / Ilmu Komputer / Teknik
Elekto (Jaringan).
IPK min 3.00
Usia Maks 27 tahun .
Memahami hardware & Jaringan komputer
Memiliki kemampuan OS Windows & Unix & /Linux
v JUNIOR COMMUNICATION ENGINEER (IT-JCE)
Gambaran Pekerjaan :
Membuat daftar kebutuhan Communication System yang diperlukan
perusahaan agar dapat memenuhi kebutuhan sistem dapat berjalan optimal.
Mencari informasi dan mengevaluasi perkembangan teknologi ,
khususnya Communication System sehingga dapat mencari alternatif solusi yang
feasible bagi pemenuhan kebutuhan perusahaan.
Menyiapkan dan memelihara seluruh communication system yag
dibutuhkan perusahaan agar communication system dapat beroperasi dengan
optimal.
Melakukan kontrol terhadap asset komunikasi di perusahaan agar
masalah-masalah peralatan komunikasi dapat terus ter-update.
Kualifikasi :
Telah lulus D3 jurusan Teknik Informatika / Manajemen
Informatika / Teknik Elektronika (IT & Network) .
IPK Min 3.00
Usia Maksimum 25 tahun .
Menguasai sistem komunikasi / Jaringan (LAN).
Menguasai tools hardware .
Memiliki wawasan teknologi dan sistem jaringan yang cukup
baik, dan terus update.
Memiliki kemampuan kontrol asset yang baik.
Mampu membuat planning pemeliharaan yang baik dari implementasi teknologi komunikasi yang baru.
v PRODUCT PROFITABILITY PLANNING OFFICER (FPA-PPR)
Gambaran Pekerjaan :
Bertanggung jawab dalam meng-update data base dan budget
parameter serta analisis kelayakan cost
Menyiapkan laporan evaluasi program marketing dan project
beserta analisanya .
Melakukan follow up hasil rapat dan monitor pelaksanaan hasil
investasi
Kualifikasi :
Telah lulus S1 jurusan Akuntansi / Manajemen Keuangan /
Finance / Teknik Industri
IPK min 3.00
Usia maks 27 tahun
Memiliki analisa keuangan yang baik .
Mampu berbahasa Inggris dengan baik dan mampu membuat laporan
dalam Bahasa Inggris .
Memiliki kemampuan interpersonal yang baik .
Mampu beradaptasi dengan lingkungan dan pekerjaan baru dengan
cepat .
Mampu menggunakan Power Point , excell , dan pivot table
dengan baik .
Siap bekerja dalam waktu date line yang ketat .
v BTL SUPERVISOR (BTL-MPA)
Gambaran Pekerjaan :
Bertanggung jawab
dalam melakukan konsep dan strategi kampanye , termasuk design , layout &
mekanismenya.
Melakukan integrasi
Channel mix , Channel Collaboration & channel /optimization
Melakukan implementasi
dan organisir manajemen proyek yang baik , melakukan eksekusi kampanye dan
produksi .
Melakukan pembuatan
menyusun report yang singkat , lengkap , strategis & informatif .
Kualifikasi :
Telah lulus S1
jurusan Teknik Industri / Manajemen / Marketing / Marketing Communication
IPK min 3.00
Usia Maks 27 tahun .
Terbiasa dalam
membuat konsep atau strategi marketing .
Mampu membuat konsep
event yang baik dan strategis .
Memiliki minat
terhadap Automotive (Sepeda Motor) .
v GUEST RELATION OFFICER (CCO-GRO)
Gambaran Pekerjaan :
Membina hubungan baik dengan pihak media massa
Menyusun dan mengelola database media dan jurnalis.
Menyusun press release kegiatan perusahaan
Menyiapkan materi untuk pimpinan sebelum wawancara
Menyusun program-program press gathering
Kualifikasi :
Telah Lulus S1 Jurusan Ilmu Komunikasi / Sosiologi
IPK Min 3.00
Usia Maks 27 tahun
Memiliki kemampuan komunikasi yang baik, luwes & mudah
bergaul
Memiliki kemampuan menulis
Mampu bekerja dalam mobilitas tinggi .
Memiliki kemampuan berbahasa inggris yang baik .
v INSURANCE ANALYST (TRE-INS)
Gambaran Pekerjaan :
Bertanggung jawab
dalam mengkoordinir proses terkait administrasi asuransi perusahaan . Membuat analisa resiko .
Mengkoordinir
pelaksanaan appraisal dan risk survey .
Melakukan negosiasi
dengan perusahaan asuransi dan perusahaan appraissal .
Kualifikasi :
Telah Lulus S1
jurusan Akuntansi / Manajemen Keuangan
IPK Min 3.00
Usia Maks 27 tahun .
Menguasai
dasar-dasar keuangan dan akuntansi .
Memiliki integritas
tinggi, jujur dan teliti .
Memiliki kemampuan
bahasa inggris .
Mampu bekerja secara
team .
Mampu bekerja dengan
angka dan detail .
JUNIOR HELPDESK ANALYST
(IT-JHA)
Gambaran Pekerjaan :
Bertanggung jawab pertama
kali dalam menangani masalah dan permintaan users terkait dengan servis dari IT
khususnya yang terkait dengan IT Infrastruktur .
Kualifikasi :
Telah lulus D3
Teknik Informatika / Manajemen Informatika / Ilmu Komputer .
IPK 3.00; Usia max
25 tahun.
Memiliki kemampuan
Basic IT terutama dalam hal Hardware PC Operating System , Application & Networking .
Mengerti Bahasa
Pemrograman (Java,Net, ABAP).
Memahami operating
system & data base (RDBMS).
Bersedia ditempatkan
di semua Plant AHM (Sunter , Pegangsaan , Cikarang, Pulo Gadung)
v FINANCIAL ANALYST (FPA-FPRO)
Gambaran Pekerjaan :
Bertanggung jawab
dalam melakukan maintain Financial Database
Bertugas dalam
melakukan penyusunan Master Budget proyeksi perusahaan .
Mendesign Financial
Modelling System .
Melakukan analisa
laporan keuangan .
Membuat report
analisa keuangan baik untuk kepentingan internal perusahaan dan eksternal .
Kualifikasi :
Telah lulus S1/S2
Akuntansi / Manajemen Keuangan
IPK min 3.00
Usia max. 27 tahun
Pengalaman dalam
bidang Finance / Budgeting selama 2-4 tahun .
Memiliki analisa dan
konsep berpikir yang cukup baik .
Wawasan tentang
Finance cukup memadai , memahami analisa keuangan , dapat membuat report
keuangan dengan baik
Detail terhadap
angka
Kemampuan
beradaptasi cukup baik .
Tangguh & mampu
bekerja dengan ritme yang cukup tinggi .
Mampu membuat report
keuangan dalam bahasa Inggris .
v EHS P3A OFFICER (GAD-EHS P3)
Gambaran Pekerjaan :
Membuat gambar
instalasi teknik
Membuat &
mendesign instalasi building
Menganalisa
kebutuhan Office & Fasilitas umum
Melakukan pekerjaan
- pekerjaan perbaikan
Menganalisa building
dan fasilitasnya terkait dengan aspek LK3
Kualifikasi :
Telah lulus S1
jurusan Teknik Elektro Arus Kuat (Listrik) / Teknik Sipil
IPK 3.00
Usia Maks. 27 tahun
Menyukai pekerjaan
di lapangan
Memiliki analisa dan
konseptual berpikir yang baik .
Memiliki wawasan
dalam bidang health ,safety , & environment dalam lingkungan perusahaan .
Dapat bekerja secara
mandiri maupun dalam team .
OPERATIONAL BUILDING
MAINTENANCE SECTION HEAD (GAD-OBM)
Gambaran Pekerjaan :
Bertanggung jawab
dalam membuat gambar teknik dan spesifikasi Gedung non Pabrik di lingkungan
Perusahaan .
Menganalisa
kebutuhan maintenance maupun improvement akan kebutuhan Gedung di lingkungan
Perusahaan serta menganalisa pemilihan relasi kerja samanya.
Menganalisa dan
membuat Anggaran Biaya yang dibutuhkan untuk maintenance Gedung Melakukan supervisi terhadap pekerjaan
Sub-Contractor dalam penanganan maintenance dan revitalisasi Gedung di
lingkungan perusahaan .
Kualifikasi :
Telah lulus S1
jurusan Teknik Sipil
IPK Min 3.00
Usia Maks 27 tahun .
Memiliki analisa dan
logika berpikir yang cukup baik .
Menyukai pekerjaan
lapangan .
Teliti & ulet .
Komunikatif dan
memiliki interpersonal skill yang baik .
Integritas dalam
bekerja cukup tinggi .
v PRODUCT TECHNICIAN (QR-PTE)
Gambaran Pekerjaan :
Bertanggung jawab
dalam mengolah data claim, membuat analisa data claim untuk menemukan penyebab
permasalahan.
Memeriksa , mengukur
dan melakukan trial / test yang relevan untuk mengkonfirmasi terjadinya masalah
dan untuk menemukan penyebab masalah .
Melakukan verifikasi
terhadap realisasi perbaikan dan tindakan pencegahannya , juga memastikan bahwa
perbaikan dan pencegahan telah dilaksanakan .
Menganalisa
Part-part yang diclaim dan melakukan verifikasi claim ke pihak-pihak terkait
baik di internal maupun eksternal .
Kualifikasi :
Telah Lulus D3
jurusan Teknik Elektronika (Elektro Arus Lemah)
.
IPK Min 3.00
Usia Maks 25 tahun
Memiliki kemampuan
analisa teknik yang baik , memahami sistem robotika, kelistrikan motor.
Mampu berpikir dan
bekerja secara sistematis .
Memiliki kemampuan
adaptasi yang baik .
Memiliki kemampuan
komunikasi dan interpersonal skill yang baik .
Mampu bekerja baik
secara mandiri dan dalam team dengan baik .
Kemampuan untuk
belajar sesuatu hal yang baru dengan cepat.
v TOOLS & EQUIPT DISTRIBUTION ANALYST (TSD-TED)
Gambaran Pekerjaan :
Bertanggung jawab
dalam menganalisa kebutuhan tools di jaringan .
Melakukan koordinasi
Pengadaan dan Pemenuhan Tools .
Menganalisa
kebutuhan Budget pengadaan Tools .
Menganalisa dan
menentukan harga jual tools .
Merancang bangun
Tools dan Equipment .
Kualifikasi :
Telah Lulus S1
jurusan Teknik Mesin .
IPK Min 3.00
Usia Maks 27 tahun .
Memiliki kemampuan
analisa dan logika berpikir yang baik .
Memiliki kemampuan
problem solving yang baik .
Mampu berbahasa
Inggris baik lisan dan tulisan .
Menguasai computer
(Ms Office , Excell , Power Point , Autocad) .
Memiliki minat dalam
bidang Automotive roda dua (sepeda motor).
Memiliki kemampuan
komunikasi dan interpersonal yang baik .
v NEW MODEL ANALYST (TSD-NMA)
Gambaran Pekerjaan :
Bertanggung jawab
mencari , mengumpulkan , mengolah dan menganalisa Service Ability dan Quality
Data Base .
Melakukan koordinasi
New Model Service Preparation Activity .
Membuat dan
mengusulkan New Model Design Improvement .
Kualifikasi :
Telah Lulus S1
jurusan Teknik Mesin
IPK Min 3.00
Usia Maks 27 tahun .
Memiliki kemampuan
analisa dan logika berpikir yang baik.
Memiliki kemampuan
Problem Solving yang baik .
Memiliki kemampuan
berkomunikasi dan interpersonal skill yang baik .
Kemampuan bahasa
Inggris baik lisan dan tulisan cukup memadai .
v WAREHOUSE & QUALITY SUPERVISOR (WSU-LDI)
Gambaran Pekerjaan :
Menganalisa dan
mengkontrol kecukupan gudang MD dan dealer
Menganalisa kualitas
pengiriman dan penyimpanan unit di MD
Memberikan
inprovement dalam hal perbaikan kualitas kirim
Berkomunikasi dengan
MD, ekspedisi dan pihak lain yang terkait dalam proses distribusi unit
Kualifikasi :
Telah lulus /
semester akhir jurusan Teknik Industri / Manajemen Operasional / Marketing
IPK 3.00 ; Usia max
27 tahun
Memiliki Analytical
dan Logical Thinking yang baik
Memilki kemampuan
berkomunikasi dengan baik
v ENGINEER MQC (QR-MQC)
Gambaran Pekerjaan :
Bertanggung jawab
mengolah data claim, dan membuat analisa data claim yang masuk berdasarkan
metode tertentu (FTA, Fish Bone Diagram,
dll) , untuk menemukan penyebab permasalahan .
Membentuk Team,
mengkoordinasikan , membuat detail rencana aktifitas pemecahan masalah , dan
melakukan kontrol progress proyek-proyek improvement yang menjadi tanggung
jawabnya .
Membuat laporan
analisa teknik berdasarkan analisa yang telah dilakukan dan merumuskan masalah identifikasi
masalah .
Melakukan verifikasi
terhadap rencana dan realisasi perbaikan dan tindakan pencegahannya , serta
melakukan monitor claim terhadap kasus setelah perbaikan .
Membuat informasi
teknik bahwa perbaikan telah dilakukan dan atau menginformasikan "Market
Treatment" yang perlu dilakukan .
Kualifikasi :
Telah Lulus S1
jurusan Teknik Elektronika (Teknik Elektro Arus Lemah)
IPK min 3.00
Usia Maks 27 Tahun
Memiliki kemampuan
analisa yang baik
Mampu berpikir dan
bekerja secara sistematis dan strategis
Dapat berkomunikasi
dan bekerjasama dengan baik di dalam Team atau pihak Eksternal .
Memiliki komitmen
kerja yang baik
Memiliki integritas
yang tinggi .
v CURRENT MODEL COST (CPL-CMC)
Gambaran Pekerjaan :
Melakukan validasi
data unit cost yang menjadi tanggung jawabnya (material , direct, atau
in-direct)
Menganalisa dan
mengevaluasi standart cost untuk masing-masing unit cost yang menjadi tanggung
jawabnya (material, direct , atau in direct)
Mengontrol standart
unit cost untuk masing-masing unit cost yang menjadi tanggung jawabnya (material , direct atau in direct)
Menyusun Activity
Plan untuk satu tahun ke depan
Kualifikasi :
Telah Lulus S1
jurusan Teknik Mesin / Teknik Industri
IPK min 3.00
Usia Maks 27 Tahun
Product &
Process Manufacturing : Mampu menjelaskan Proses Manufacturing Part
Project Management :
Mampu menyusun perencanaan dan pengendalian proyek
Pengetahuan mengenai
konsep perhitungan biaya produksi
Communication Skill
& Team Work
v COST CONTROL ANALYST (CPL-CCA)
Gambaran Pekerjaan :
Menghitung kapasitas
& cost / unit untuk line production
Menyusun struktur
cost part & unit motor
Menyusun program
peningkatan efisiensi & produktifitas produksi
Melakukan simulasi
& prediksi cost
Kualifikasi :
Telah Lulus S1
jurusan Teknik Mesin / Teknik Industri
IPK min 3.00
Usia Maks 27 Tahun
Product & Proses
Manufacturing : mampu menjelaskan Proses Manufacturing Part
Project
Management:Mampu menyusun perencanaan dan pengendalian proyek
Pengetahuan mengenai
konsep perhitungan biaya produksi
Communication Skill
& Team Work
NEW MODEL COST ANALYST (CPL-NMC)
Gambaran Pekerjaan :
Menganalisa dan
mengkoordinasikan dengan bagian terkait data actual cost inplant per cost
element dan per seksi
Menganalisa dan
mengkoordinasikan dengan bagian terkait
Melakukan simulasi
data base by parts menjadi cost 1 unit motor .
Kualifikasi :
Telah lulus S1
Jurusan Teknik Mesin / Teknik Industri
IPK min 3.00
Usia Maks 27 Tahun
Product & Proses
Manufacturing : Mampu menjelaskan Proses Manufacturing Part.
Project Management :
Mampu menyusun perencanaan dan pengendalian proyek
Pengetahuan
mengenai konsep perhitungan biaya
produksi .
Communication skill
& Team Work.
v ENGINEERING ANALYST (PEN-ENG)
Gambaran Pekerjaan :
Menghitung kapasitas
& cost/unit untuk line production
Mendesign basic
concept untuk fixture/peralatan/sarana-prasarana/inspection jig
Menyusun program
peningkatan efisiensi dan produktifitas produksi
Kualifikasi :
Telah lulus S1
jurusan Teknik Mesin / Teknik Industri / Teknik Kimia/Teknik Sipil / Teknik
Elektro / Teknik Elektronika / Mekatronika
IPK min 3.00
Usia Maks 27 tahun
Mengerti spesifikasi
mesin / jig / peralatan / sarana -
prasarana
Memahami gambar
teknik
Memahami proses
manufacturing
Memahami tuntutan
kualitas dari setiap proses
Memahami fungsi
komponen & sifat material
Memiliki team work
yang baik
Memiliki kemampuan
analisa & manajerial yang baik
v ENGINEERING CONTROLLER (ENG-CTRL)
Gambaran Pekerjaan :
Bertanggung jawab
melakukan design flow process line
Membuat Engineering
Drawing Mesin / Peralatan/Sarana & Prasarana /Inspection Jig
Membuat Standart
pemakaian material / tools / equipment
Kualifikasi :
Telah lulus D3
jurusan Teknik Mesin / Elektronika / Elektro (Arus Kuat) / Sipil / Mekatronika
/ Teknik Kimia
IPK Min 3.00
Usia Maks 25 tahun
Menguasai software
CAD dengan baik
Memiliki orientasi
terhadap kualitas
Mengerti fungsi
kerja mesin /jig/peralatan/sarana-prasarana
Mengenal jenis
komponen & material
Memahami proses
manufacturing
Memiliki team work
yang baik
v A/P SECTION HEAD (TRE-AP)
Gambaran Pekerjaan :
Bertanggung jawab dan mengkoordinasikan proses pembayaran
sesuai dengan prosedur yang ada
Bertanggung jawab atas kebenaran AP di jurnal SAP
Bertanggung jawab dan melakukan follow up atas permasalahan
yang ada
Bertanggung jawab atas seluruh penerimaan tagihan klaim
Bertanggung jawab untuk seluruh proses proses verifikasi
sampai pembayaran klaim KPB
Bertanggung jawab atas penyampaian informasi pembayaran
Melakukan entry data setiap tipe motor baru , harga KPB
sehubungan klaim KPB
Mengkoordinasikan untuk penyelesaian masalah AP baik internal
maupun eksternal
Bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan seluruh kegiatan di
AP Section
Kualifikasi :
Telah lulus S1 jurusan Akuntansi / Manajemen Keuangan
IPK Min 3.00
Usia Maks 27 tahun
Memiliki analisa yang baik dalam hal finance
Berminat bekerja di area Treasury
Teliti dan minat pada pekerjaan detail
Mampu bekerja secara mandiri maupun team work
v QUALITY MONITORING ANALYST (TSD-QMA)
Gambaran Pekerjaan :
Bertanggung jawab
melakukan koordinasi rutin dengan bagian Quality terkait di AHM mengenai
informasi teknik yang dikirimkan oleh jaringan di Main Dealer , Dealer &
AHASS
Memastikan semua
data Laporan Kualitas dalam TOP 20
teranalisis dengan baik , untuk kemudian difollow up dalam quality meeting
dengan bagian quality terkait
Melakukan monitoring
efektifitas perbaikan yang telah dilakukan oleh bagian Quality terkait di AHM ,
dan memberikan feedback dengan segera apabila ditemukan kasus berulang yang
terjadi setelah perbaikan
Kualifikasi :
Telah lulus S1
jurusan Teknik Mesin
IPK Min 3.00
Usia Maks 27 tahun
Memiliki analisa
yang cukup baik
Menguasai bahasa
inggris dengan baik
MARKET MONITORING
PROCESSOR (TSD-MMP)
Gambaran Pekerjaan :
Bertanggung jawab
melakukan monitoring , mengumpulkan , mengolah & menganalisa awal
permasalahan kasus teknik dari jaringan AHASS dan Dealer
Melakukan
investigasi dan verifikasi kasus teknik ke jaringan AHASS dan konsumen dalam
rangka penyelesaian masalah
Melakukan verifikasi
atas hasil analisis perbaikan kasus teknik ke bagian quality terkait dan
jaringan AHASS dan Dealer
Kualifikasi :
Telah Lulus D3
jurusan Teknik Mesin / Teknik Otomotif .
IPK min 3.00
Usia Maks 25 tahun
Menguasai analisis /
trouble shooting sepeda motor dengan baik .
Memiliki kemampuan
adaptasi dengan baik .
Memiliki kemampuan
komputer yang baik .
v CHANNEL INFRASTRUCTURE SUPERVISOR (CIF-MPA)
Gambaran Pekerjaan :
Bertanggung jawab
mendesain interior maupun exterior showroom (SR)
Mendesain interior
maupun exterior Bengkel
Membuat BQ
Mengawasi
pelaksanaan pembangunan SR/Bengkel
Kualifikasi :
Telah lulus S1
Teknik Arsitektur/ Desain Interior .
IPK min 2.75 &
Usia Maks 27 tahun
Familiar terhadap
program 3D Max , AutoCAD, Photoshop
Mampu program Ms
Office
Mampu berkomunikasi
dengan baik
Bahasa Inggris lisan
& tulisan (pasif)
Rajin , inisiatif ,
cekatan , tangguh & teliti
v PARTS SALES ANALYST (SA-PARTS)
Gambaran Pekerjaan :
Bertanggung jawab
terhadap pemasaran produk
Membuat &
menjalankan program-program marketing / sales
Membina jaringan
Main Dealer dalam hal pemasaran produk Part (HGP) , AHM oil , accessories ,
& merchandise
Kualifikasi :
Lulus S1 jurusan
Teknik Industri / Teknik Mesin / Manajemen
Usia Maks 27 tahun
IPK Min 3.00
Mengenal dunia
marketing
Mengetahui secara
umum dunia automotive , sepeda motor khususnya
Mampu berkomunikasi
dengan baik (communication skill)
Menguasai bahasa
inggris dengan baik
v QUALITY TECHNOLOGY ENGINEER (QT-ENG)
Gambaran Pekerjaan :
Memastikan part yang
diapproved tidak bermasalah kualitas pada saat masspro
Menentukan sistem
pengukuran & pengujian , memenuhi kebutuhan Assy Unit Masspro &
kegiatan support produksi
Menentukan sistem
inspeksi unit & melengkapi standar kualitas yang diperlukan
Kualifikasi :
Telah Lulus S1
jurusan Teknik Mesin
Usia Maks 27 tahun
IPK Min 3.00
Mampu membaca gambar
teknik dengan baik , standar internasional yang umum dipakai
Mengetahui berbagai
macam metode pengujian , pengukuran & inspeksi
Mampu menganalisa
suatu proses , menyimpulkan penyebab masalahnya & usulan improvisasi
Mengerti SPC dengan
baik & bisa menerapkan
Memiliki motivasi
yang kuat untuk melakukan improvisasi untuk meningkatkan kualitas part
v ANALYST QUALITY TECHNOLOGY (QT-Analyst)
Gambaran Pekerjaan :
Melakukan analisa
hasil pengukuran dan pengujian sample part, memutuskan status OK/NG.
Melakukan analisa
terhadap part yang reject / claim .
Melakukan koordinasi
tindakan perbaikan masalah kualitas part.
Kualifikasi :
Lulus D3 Teknik
Mesin
Usia Maks 25 Tahun
IPK min 3.00
Mampu berpikir logis
- sistematis
Mampu menggunakan
alat ukur
Mampu membaca gambar
teknik
Mampu menganalisa
dengan baik
v SALES AREA SUPERVISOR (MKT-SAS)
Gambaran Pekerjaan :
Melakukan analisa
terkait penjualan sepeda motor Honda, termasuk analisa penjualan, kompetitor,
dan aktivita-aktivitas yang berkaitan dengan marketing
Memberikan usulan
program-program marketing dengan tujuan meningkatkan penjualan
Melakukan monitoring
dan kontrol terhadap target penjualan dan pelaksanaan program marketing di
masing-masing area pemasaran
Kualifikasi :
Telah Lulus S1
jurusan Teknik Industri/ Manajemen / Marketing
IPK Min 3.00
Usia Max 27 tahun
Kemampuan analisa,
terutama analisa yang berkaitan dengan marketing
Memiliki
interpersonal skill dan kemampuan komunikasi yang baik
Inovatif, dan
kreatif
Bersedia melakukan
perjalanan dinas ke luar kota
v HELPDESK ANALYST (IT-OSM)
Gambaran Pekerjaan :
Bertanggung jawab
dalam mencari solusi atas problem IT Service yang terjadi dan menyediakan IT
Service yang diminta oleh user sesuai dengan Service level agreement yang telah
disepakati.
Kualifikasi :
Telah lulus S1
jurusan Teknik Informatika / Ilmu
Komputer
IPK Min. 3.00
Usia Max. 27 tahun
Minat terhadap
bidang IT
Analisa aplikasi /
programming .
Memiliki kemampuan
analisa masalah yang cukup baik
Memiliki kemampuan
interpersonal skill yang baik.
Kemauan belajar yang
tinggi dan kemampuan eksplorasi terhadap teknologi IT.
v CUSTOMER INSIGHT ANALYST (HC3-CIA)
Gambaran Pekerjaan :
Bertanggung jawab
dalam membuat desain , melakukan analisa , develop , implementasi dan melakukan
improvement sistem layanan untuk jaringan
Mengajukan
troubleshooting , rekomendasi terkait konsumen , produk & jaringan
Sosialisasi &
melakukan koordinasi dengan departemen lain & jaringan
Menganalisa trend
kebutuhan , keinginan & ekspetasi konsumen
Menganalisa , membuat proposal untuk
peningkatan layanan di seluruh jaringan
Sebagai konsultan
Jaringan untuk pengembangan CS di seluruh jaringan
Membangun image dan
relationship dengan community virtual
Melakukan analisa
statistika & pembuatan reportnya
Kualifikasi :
Telah lulus S1
jurusan Statistika / Matematika / Manajemen / Ilmu Komunikasi / Manajemen /
Teknik Industri / Psikologi
IPK min 3.00
Usia maks. 27 tahun
Memiliki
interpersonal skill yang baik
Memiliki analisa
& logika berpikir yang baik
Kemampuan komunikasi
lisan dan tertulis
Memiliki kemampuan
problem solving yang baik
Mampu membangun
networking dan mempertahankannya dengan baik
Mampu bekerja dalam
tekanan & mampu menghadapi berbagai karakter customer
Memiliki keinginan
untuk belajar
Bersedia melakukan
travelling
v BRAND OFFICER (MKT-BOF)
Gambaran Pekerjaan :
Melakukan survey produk secara teknis , membuat report tentang
produk motor
Melakukan maintain terhadap database hasil survey produk
Memberikan saran & masukan untuk pengembangan produk
berdasarkan analisa kebutuhan pasar
Turut serta dalam setiap aktivitas kegiatan launching produk
Mengikuti perkembangan brand produk secara mendalam terlebih
dalam hal teknis
Kualifikasi :
Lulus S1 jurusan Teknik Mesin
Usia Max 27 Tahun
Min IPK 2.75
Memiliki kemampuan bahasa Inggris
Memiliki kemampuan analisa yang baik
Memiliki kemampuan komputer (MS Office , kemampuan data base)
Memiliki ketertarikan dalam bidang otomotive terutama sepeda
motor
Diutamakan yang mengerti sepeda motor secara teknik
2.
Fungsi Pengembangan
Pada perusahaan kami fungsi pengembangan
dapat dilakukan dengan cara memberikan Pelatihan dan juga pengembangan Karyawan
.
a. Pelatihan Karyawan
Pelatihan yang
dilakukan oleh perusahaan PT. ASTRA MUSASHI MOTOR kepada karyawan nya biasanya
dilakukan setiap 1 bulan sekali untuk menambah keahlian karyawan dalam bekerja.
Tetapi untuk para staf dan manajer dilakukan setiap 1 bulan sekali. Pelatihan
yang dilakukan, antara lain :
1) On The Job Training
2) Vestibule atau balai
3) Demonstrasi dan Contoh
4) Simulasi
5) Apprenticeship
6) Ruang Kelas
b. Pengembangan Karyawan
Proses pengembangan
keterampilan karyawan dilakukan setiap 1 bulan sekali dalam waktu 1 minggu, dan
setiap 1 tahun sekali dalam waktu 1 bulan oleh para staf dan manajer. Pelatihan
tersebut mencakup tindakan-tindakan SMART : Spesifik (specific), dapat
di ukur (Measurable), dapat dicapai (Achievable), realistis (Realistic), dan
terutama tepat waktu (Timely).
Pengembangan yang dilakukan,
antara lain :
a) Understudy
b) Job Rotasi dan kemajuan berencana
c) Coaching-Counseling
3.
Fungsi Pemberian Kompensasi
Kompensasi yang diberikan PT. ASTRA MUSASHI MOTOR kepada seluruh
karyawan dapat berupa :
a. Gaji
b. Upah
c. Insentif
d. Kompensasi tidak langsung
Tujuan sistem pemberian
kompensasi PT. ASTRA MUSASHI MOTOR
kepada seluruh karyawan antara lain sebagai berikut :
a. Memperolah SDM yang
berkualitas.
b. Mempertahankan karyawan yang
ada.
c. Menjamin keadilan.
d. Penghargaan terhadap perilaku
yang diinginkan.
e. Mengendalikan biaya.
f. Mengikuti aturan hukum.
g. Memfasilitasi pengertian.
h. Meningkatkan efesiensi
administrasi.
Sistem
pemberian kompensasi oleh PT. ASTRA
MUSASHI MOTOR kepada karyawan dipengaruhi oleh berbagai faktor.
Faktor-faktor ini merupakan tantangan setiap organisasi untuk menentukan
kebijaksanaan kompensasi untuk karyawaan. Faktor-faktor tersebut antara lain
sebagai berikut:
a. Produktivitas
b. Kemampuan untuk membayar
c. Kesediaan untuk membayar
d. Suplai dan permintaan
e. Organisasi karyawan
f. Berbagia peraturan dan
perundang-undangan.
4. Fungsi Integrasi
Visi Perusahaan :
• Menjadi salah satu
perusahaan dengan pengelolaan terbaik di Asia Pasifik dengan penekanan pada
pertumbuhan yang berkelanjutan dengan pembangunan kompetensi melalui
pengembangan sumber daya manusia,struktur keuangan yang solid, kepuasan
pelanggan dan efisiensi
• Menjadi perusahaan
yang mempunyai tanggung jawab sosial serta ramah lingkungan
Dalam PT Astra Musashi Motor dengan visi
seperti di atas misalnya pada bidang perakitan komponen-komponen motor pada PT
tersebut menggunakan onderdil onderdil yang bagus dan berkualitas dan dengan
menggunakan onderdil yang bagus dan berkualitas dan dengan itu para pelanggan
dapat merasa puas dan juga dengan kualitas yang baik bisa menjadi tanggung
jawab perusahaan
5. Fungsi Pemeliharaan
a. Metode-Metode Pemeliharaan
1). Komunikasi
Komunikasi harus digunakan dalam setiap penyampaian informasi dari komunikator kepada komunikan. Komunikasi berfungsi untuk instructive, informative, influencing dan evaluative. Simbol-simbol komunikasi adalah suara, tulisan, gambar, warna, mimik, kedipan mata, dan lain-lain. Dengan simbol-simbol inilah komunikator menyampaikan informasi kepada komunikan.
2). Insentif
a. Metode Insentif
Metode insentif yang adil dan layak merupakan data penggerak yang merangsang terciptanya pemeliharaan karyawan. Karena dengan pemberian insentif karyawan merasa mendapat perhatian dan pengakuan terhadap prestasi yang dicapainya, sehingga semangat kerja dan sikap loyal karyawan akan lebih baik.
b. Jenis-jenis Insentif
1). Insentif positif
Adalah daya perangsang dengan memberikan hadiah material atau nonmaterial kepada karyawan yang prestasi kerjanya di atas prestasi standar.
2). Insentif negatif
Insentif negatif adalah daya perangsang dengan memberikan ancaman hukuman kepada karyawan yang prestasi kerjanya, dibawah prestasi standar.
c. Bentuk-bentuk Insentif
1). Nonmaterial insentif
Adalah daya perangsang yang diberikan kepada karyawan berbventuk penghargaan/pengukuhan berdasarkan prestasi kerjanya, seperti piagam, piala atau medali.
2). Sosial insentif
Adalah daya perangsang yang diberikan kepada karyawan berdasarkan prestasi kerjanya, berupa fasilitas dan kesempatan untuk mengembangkan kemampuannya, seperti promosi, mengikuti pendidikan atau naik haji.
3). Material insentif
Adalah daya perangsang yang diberikan kepada karyawan berdasarkan prestasi kerjanya, berbentuk uang dan barang. Material insentif bernilai ekonomis sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan karyawan beserta keluarganya.
a. Program Kesejahteraan
Pentingnya Kesejahteraan
Untuk mempertahankan karyawan ini
kepadanya diberikan kesejahteraan/kompensasi pelengkap/fringe benefits/gaji
tersembunyi/ indirect compensation/employee welfare. Kesejahteraan yang
diberikan sangat berarti dan bermafaat untuk memenuhi kebutuhan fisik dan
mental karyawan beserta keluarganya. Pemberian kesejahteraan akan menciptakan
ketenangan, semangat kerja, dedikasi, disiplin dan sikap loyal karyawan
terhadap sehingga labour turnover relatif rendah.
Begitu besarnya arti
dan manfaat kesejahteraan karyawan sehingga mendorong manajer menetapkan
program kesejahteraan karyawan. Program kesejahteraan karyawan harus disusun
berdasarkan peraturan legal, berasaskan keadilan dan kelayakan (internal dan
eksternal konsistensi) dan berpedoman kepada kemampuan perusahaan).
Kesejahteraan
karyawan adalah balas jasa pelengkap (material dan nonmaterial) yang diberikan
berdasarkan kebijaksanaan. Tujuannya untuk mempertahankan dan memperbaiki
kondisi fisik dan mental karyawan agar produktivitas kerjanya meningkat.
Tujuan Pemberian Kesejahteraan antara lain sebagai berikut :
1). Untuk meningkatkan kesetiaan dan keterikatan karyawan kepada perusahaan
2). Memberikan ketenangan dan pemenuhan kebutuhan bagi karyawan beserta keluarganya
3). Memotivasi gairah kerja, disiplin dan produktivitas kerja karyawan
4). Menurunkan tingkat absensi dan turnover karyawan
5). Menciptakan lingkungan dan suasana kerja yang baik serta nyaman
6). Membantu lancarnya pelaksanaan pekerjaan untuk mencapai tujuan
7). Memelihara kesehatan dan meningkatkan kualitas karyawan
8). Mengefektifkan pengadaan karyawan
9). Membantu pelaksanaan program pemerintah dalam meningkatkan kualitas manusia Indonesia
10). Mengurangi kecelakaan dan kerusakan peralatan perusahaan
11). Meningkatkan status sosial karyawan beserta keluarganya.
Jenis-Jenis Kesejahteraan
c. Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Keselamatan dan
Kesehatan Kerja (KKK) akan menciptakan terwujudnya pemeliharaan karyawan yang
baik. KKK ini harus ditanamkan pada diri masing-masing individu karyawan,
dengan penyuluhan dan pembinaan yang baik agar mereka menyadari pentingnya
keselamatan kerja bagi dirinya maupun untuk perusahaan. Apabila banyak terjadi
kecelakaan, karyawan banyak yang menderita, absensi meningkat, produksi
menurun, dan biaya pengobatan semakin besar. Ini semua akan menimbulkan
kerugian bagi karyawan maupun perusahaan bersangkutan, karena mungkin karyawan
terpaksa berhenti bekerja sebab cacat dan peruashaan kehilangan karyawannya.
Hal inilah yang
mendorong pentingnya KKK ditanamkan pada diri pada karyawan, bahkan perlu
diberikan hukuman bagi karyawan yang tidak memakai alat-alat pengaman (seperti
masker, sarung tangan, tutup mulut, dan hidung) saat bekerja. KKK ini merupakan
tindakan kontrol preventif yang mendorong terwujudnya pemeliharaan karyawan
yang baik.
d. Hubungan Industrial Pancasila (HIP)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar