Sebuah head-up display atau
kepala-up display-juga dikenal sebagai HUD-adalah setiap tampilan transparan
yang menyajikan data tanpa memerlukan pengguna untuk melihat diri dari sudut
pandang yang biasa mereka. Asal usul nama berasal dari pilot yang dapat melihat
informasi dengan kepala diposisikan "up" dan melihat ke depan, bukan
miring ke bawah melihat instrumen yang lebih rendah.
Meskipun mereka pada awalnya
dikembangkan untuk penerbangan militer, HUDs sekarang digunakan dalam pesawat
komersial, mobil, dan aplikasi lainnya.
Sebuah HUD khas berisi tiga
komponen utama:. Sebuah unit proyektor, Combiner, dan komputer video generasi.
Unit proyeksi dalam HUD khas adalah
kolimator optik setup: a lensa cembung atau cermin cekung dengan Ray Tube
Katoda , light emitting diode , atau layar kristal cair pada fokusnya. Ini
setup (desain yang telah ada sejak penemuan pandangan reflektor pada 1900)
menghasilkan gambar mana cahaya paralel IE dianggap berada di tak terhingga.
Combiner ini biasanya sepotong
datar miring dari kaca (a beam splitter ) yang terletak langsung di depan
penonton, yang mengarahkan gambar yang diproyeksikan dari proyektor sedemikian
rupa sehingga dapat melihat bidang pandang dan citra infinity diproyeksikan
pada waktu yang sama . Combiners mungkin memiliki lapisan khusus yang
mencerminkan monokromatik cahaya diproyeksikan dari unit proyektor sementara
memungkinkan semua lain panjang gelombang cahaya untuk melewati. Dalam beberapa
layout optik combiners juga mungkin memiliki permukaan melengkung untuk
memfokuskan kembali gambar dari proyektor.
Komputer menyediakan antarmuka
antara HUD (yaitu proyeksi unit) dan sistem / data yang akan ditampilkan dan
menghasilkan citra dan simbologi yang akan ditampilkan oleh unit proyeksi.
JENIS
Selain
HUDs dipasang tetap, ada juga HMDS kepala-mount display . Termasuk menampilkan helm dipasang (baik HMD disingkat), bentuk HUD yang
menampilkan elemen tampilan yang bergerak dengan orientasi kepala pengguna '.
Pejuang modern (seperti F/A-18 , F-16 dan Eurofighter )
menggunakan kedua HUD dan HMD bersamaan. The F-35 Lightning II dirancang tanpa HUD, mengandalkan
hanya pada HMD, sehingga pejuang militer pertama modern tidak memiliki HUD
tetap.
GENERASI
HUDs dibagi menjadi empat generasi
mencerminkan teknologi yang digunakan untuk menghasilkan gambar.
Generasi Pertama-Gunakan CRT untuk
menghasilkan sebuah gambar pada layar fosfor, memiliki kelemahan dari lapisan
fosfor layar merendahkan dari waktu ke waktu. Mayoritas HUDs beroperasi saat
ini adalah dari jenis ini.
Generasi Kedua-Gunakan sumber
keadaan menyala terang, misalnya LED , yang dimodulasi oleh layar LCD untuk
menampilkan gambar. Sistem ini tidak memudar atau memerlukan tegangan tinggi
sistem generasi pertama. Sistem ini berada di pesawat komersial.
Generasi Ketiga-Gunakan waveguides
optik untuk menghasilkan gambar secara langsung di combiner daripada
menggunakan sistem proyeksi.
Generasi Keempat-Gunakan laser
scanning untuk menampilkan gambar dan bahkan gambar video pada media transparan
yang jelas.
Baru mikro-display teknologi
pencitraan sedang diperkenalkan, termasuk liquid crystal display (LCD), kristal
cair pada silikon (LCoS), digital mikro-cermin (DMD), dan organik
light-emitting diode (OLED).
SEJARAH
HUDs
berevolusi dari pandangan reflektor , pra-Perang Dunia II paralaks bebas
teknologi penglihatan optik untuk militer pesawat tempur . The pandangan pertama untuk menambahkan
informasi dasar kepada pandangan reflektor adalah gunsight gyro yang
diproyeksikan kecepatan udara dan tingkat turn dimodifikasi reticle untuk
membantu dalam memimpin senjata untuk memukul target bergerak ( defleksi
senjata pesawat tujuan). Seperti pemandangan maju, lebih (dan lebih kompleks)
informasi yang telah ditambahkan. HUDs segera ditampilkan meriam dihitung
solusi, dengan menggunakan informasi pesawat seperti kecepatan udara dan sudut
serangan , sehingga sangat meningkatkan akurasi pilot bisa mencapai di udara
untuk pertempuran udara. Sebuah contoh awal dari apa yang sekarang akan disebut
sebagai head-up display adalah Sistem Proyektor dari radar Mk British AI VIII
intersepsi udara dipasang ke beberapa de Havilland Mosquito pejuang malam , di
mana layar radar diproyeksikan ke kaca depan pesawat bersama dengan buatan
cakrawala , memungkinkan pilot untuk melakukan interceptions tanpa mengambil
mata mereka dari kaca depan.
- Pada tahun 1955 Kantor Angkatan Laut
AS Naval Research dan Pengembangan melakukan beberapa penelitian dengan unit
konsep HUD mock bersama dengan pengontrol sidestick dalam upaya untuk
meringankan beban pilot menerbangkan pesawat jet modern dan membuat
instrumentasi lebih rumit selama penerbangan. Sementara penelitian mereka tidak
pernah dimasukkan dalam pesawat pun pada waktu itu, mockup HUD mentah mereka
dibangun memiliki semua fitur unit modern saat ini HUD.
- HUD teknologi yang berikutnya maju
dalam Buccaneer , prototipe yang pertama terbang pada tanggal 30 April 1958.
Desain pesawat menyerukan pemandangan serangan yang akan menyediakan navigasi
dan informasi senjata rilis untuk modus serangan tingkat rendah. Ada persaingan
sengit antara pendukung desain HUD baru dan pendukung gunsight elektro-mekanis
tua, dengan HUD yang digambarkan sebagai pilihan, radikal bahkan membabi buta.
The Air Arm cabang disponsori Departemen pengembangan suatu Strike Penglihatan.
The Royal Aircraft Establishment (RAE) merancang peralatan, itu dibangun oleh
Cintel , dan sistem terintegrasi pertama kali pada tahun 1958. The Cintel HUD
bisnis diambil alih oleh Elliott Penerbangan Otomasi dan HUD Buccaneer
diproduksi dan dikembangkan lebih lanjut terus sampai versi Mark III dengan
total 375 sistem dibuat; itu diberi `cocok dan melupakan 'title oleh Royal Navy
dan itu masih dalam jangkauan layanan hampir 25 tahun kemudian. BAE Systems
dengan demikian memiliki klaim pertama di dunia Head Up Display layanan
operasional.
- Di Inggris, itu segera dicatat bahwa
pilot terbang dengan pemandangan senapan baru itu menjadi lebih baik dalam
mengemudikan pesawat mereka. Pada titik ini, HUD memperluas tujuannya melampaui
senjata bertujuan untuk umum piloting. Pada tahun 1960, Perancis Gilbert test
pilot Klopfstein menciptakan HUD modern pertama dan sistem standar HUD
simbol-simbol sehingga pilot hanya akan belajar satu sistem dan dapat lebih
mudah transisi antara pesawat. The HUD modern yang digunakan dalam aturan
penerbangan instrumen pendekatan untuk mendarat dikembangkan pada tahun
1975. Klopfstein memelopori teknologi
HUD di militer jet tempur dan helikopter , bertujuan untuk mensentralisasi data
penerbangan kritis dalam bidang pilot visi. Pendekatan ini berusaha untuk
meningkatkan efisiensi scan pilot dan mengurangi "kejenuhan tugas"
dan informasi yang berlebihan .
- Penggunaan HUDs kemudian berkembang
di luar pesawat militer. Pada 1970-an, HUD diperkenalkan untuk penerbangan
komersial, dan pada tahun 1988, Oldsmobile Cutlass Supreme menjadi mobil
produksi pertama dengan head-up display.
- Sampai beberapa tahun yang lalu,
Embraer 190 dan Boeing 737 New Generation Aircraft (737-600,700,800, dan 900
series) adalah satu-satunya penumpang pesawat komersial tersedia dengan HUDs.
Namun, teknologi ini menjadi lebih umum dengan pesawat seperti Canadair RJ ,
Airbus A318 dan beberapa jet bisnis yang menampilkan display. HUDs telah
menjadi perlengkapan standar pada Boeing 787 . Selanjutnya, Airbus A320, A330,
A340 dan A380 keluarga yang sedang menjalani proses sertifikasi untuk HUD. HUDs
juga ditambahkan ke Space Shuttle pengorbit.
DESAIN FAKTOR
Ada beberapa faktor yang saling mempengaruhi dalam
desain HUD :
-
Field of View
- juga "FOV", menunjukkan sudut (s), secara vertikal maupun
horizontal, subtended di mata pilot, bahwa combiner menampilkan simbologi dalam
kaitannya dengan tampilan luar. Sebuah FOV sempit berarti bahwa pandangan
(landasan pacu, misalnya) melalui combiner mungkin termasuk informasi tambahan
sedikit di luar batas-batas dari lingkungan landasan pacu, sedangkan FOV lebar
akan memungkinkan 'lebih luas' pandangan. Untuk aplikasi penerbangan, manfaat
utama dari FOV lebar adalah bahwa pesawat mendekati landasan pacu di sebuah
crosswind mungkin masih memiliki landasan dalam pandangan melalui combiner,
meskipun pesawat tersebut menunjuk jauh dari ambang batas landasan pacu, di
mana FOV sempit landasan pacu akan 'dari tepi' dari combiner, keluar dari
pandangan HUD. Karena mata manusia dipisahkan, setiap mata menerima gambar yang
berbeda. Gambar HUD dapat dilihat oleh satu atau kedua mata, tergantung pada
keterbatasan teknis dan anggaran dalam proses desain. Harapan modern adalah
bahwa kedua mata melihat gambar yang sama, dengan kata lain "Lapangan
teropong of View (FOV)".
-
Collimation -
Gambar yang diproyeksikan akan collimated yang membuat sinar cahaya paralel.
Karena sinar cahaya sejajar dengan lensa mata manusia memfokuskan pada tak
terhingga untuk mendapatkan gambar yang jelas. Gambar collimated pada
penggabung HUD dianggap pada ada atau dekat optik tak terhingga . Ini berarti
bahwa mata pilot tidak perlu memfokuskan kembali untuk melihat dunia luar dan
layar HUD ... gambar tampaknya "di luar sana", overlay dunia luar.
-
Eyebox - The
kolimator optik menghasilkan silinder cahaya paralel sehingga tampilan hanya
dapat dilihat sementara mata pemirsa di suatu tempat di dalam silinder yang,
daerah tiga dimensi yang disebut kotak kepala gerakan atau Eyebox. HUD modern
eyeboxes biasanya sekitar 5 lateral oleh 3 vertikal dengan 6 inci memanjang.
Hal ini memungkinkan pemirsa beberapa kebebasan gerakan kepala tetapi gerakan
terlalu jauh atas / bawah kiri / kanan akan menyebabkan layar menghilang dari
tepi kolimator dan gerakan terlalu jauh ke belakang akan menyebabkan ia
memotong off sekitar tepi ( vignette ). Pilot dapat melihat seluruh tampilan
selama salah satu mata adalah di dalam Eyebox tersebut.
-
Terang /
kontras - Menampilkan memiliki penyesuaian pencahayaan dan kontras untuk
memperhitungkan pencahayaan sekitarnya, yang dapat sangat bervariasi (misalnya,
dari sorotan awan cerah untuk pendekatan malam berbulan untuk bidang minimal
lit).
-
Boresight -
Pesawat HUD komponen sangat akurat selaras dengan tiga pesawat sumbu - sebuah
proses yang disebut boresighting - sehingga data yang ditampilkan sesuai dengan
kenyataan biasanya dengan akurasi ± 7,0 milliradians . Dalam hal ini kata
"sesuai" berarti, "ketika suatu objek diproyeksikan pada
Combiner dan objek yang sebenarnya terlihat, mereka akan selaras". Hal ini
memungkinkan layar untuk menunjukkan pilot persis di mana buatan cakrawala
adalah, serta jalur pesawat diproyeksikan dengan akurasi besar. Ketika Enhanced
Visi digunakan, misalnya, tampilan lampu landasan yang selaras dengan lampu
landasan yang sebenarnya ketika lampu nyata menjadi terlihat. Boresighting
dilakukan selama proses pembangunan pesawat dan juga dapat dilakukan di
lapangan pada banyak pesawat terbang.
-
Scaling - The
gambar yang ditampilkan (jalur penerbangan, pitch dan yaw skala, dll), yang
ditingkatkan untuk menyajikan kepada pilot gambar yang lapisan dunia luar dalam
hubungan 1:1 yang tepat. Sebagai contoh, obyek (seperti batas landasan pacu)
yang 3 derajat di bawah cakrawala sebagai dilihat dari kokpit harus muncul di
indeks derajat -3 pada layar HUD.
-
Kompatibilitas
- HUD komponen dirancang agar kompatibel dengan avionik lain, menampilkan, dll.
IMPLEMENTASI
SUMBER :
"Thank you for nice information
BalasHapusPlease visit our website unimuda and uhamka"