Pengertian Interface
Interface atau antarmuka secara umum
adalah sebuah titik, wilayah, atau permukaan dimana dua zat atau benda berbeda
bertemu; dan digunakan secara metafora sebagai perbatasan antar benda. Bentuk kerjanya berarti
menghubungkan dua titik atau lebih benda pada suatu titik atau batasan
yang terbagi, atau untuk menyiapkan kedua benda untuk tujuan tersebut.
Secara khusus, pengertian interface
dapat dikelompokkan ke dalam beberapa bidang:
@ Interface pengguna
adalah fungsi dan atribut sensor dari suatu sistem (aplikasi, perangkat
lunak, kendaraan, dll) yang berhubungan dengan pengoperasiannya oleh pengguna.
@ Di bidang teknik
komputer, interface adalah :
♥ Batasan fifik dari subsistem atau alat.
♥ Sebuah bagian atau sirkuit di beberapa subsistem
yang mengirim atau menerima sinyal ke atau dari subsistem lainnya: antamuka
jaringan, antarmuka video, kartu network.
♥ Sebuah standar yang menjelaskan sebuah himpunan
karakteristik yang berfungsi, karakteristik interkoneksi fisik umum, dan
karakteristik signal untuk pertukaran data atau signal; antarmuka USB,
antarmuka SCSI .
@ Di bidang
telekomunikasi, interface merupakan sebuah titik terkoneksi antara pengguna
peralatan terminal dan fasilitas komuikasi komersial.
@ Untuk bidang teknik
softwaqre, interface adalah sebiah spesifikasi dari properti sebuah komponen
software yang komponen lainnya dapat bergantung kepadanya.
@ Di bidang kimia,
interface adalah permukaan antara dua fase yang berbeda dan campuran
“heterogeneous”.
@ Di bidang geologi,
interface adalah sebuah permukaan atau lapisan “anamlous” antara dua “epoch” geologikal
yang berbeda atau jenis batuan.
@ Untuk sistem operasi,
interface merupakan suatu layanan yang disediakan sistem operasi sebagai sarana
interaksi antara pengguna dengan sistem operasi. Interface dapat dibedakan
menjadi 2 jenis, yaitu: CLI (Command Line Interface) dan GUI (Graphics User Interface).
Lingkungan
komputansi
Lingkungan komputasi adalah suatu
lingkungan di mana sistem komputer digunakan. Lingkungan komputasi dapat
dikelompokkan menjadi empat jenis : komputasi tradisional, komputasi berbasis
jaringan, dan komputasi embedded, serta komputasi gri.
Pada awalnya komputasi tradisional hanya
meliputi penggunaan komputer meja (desktop) untuk pemakaian pribadi di kantor
atau di rumah. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi maka komputasi
tradisional sekarang sudah meliputi penggunaan teknologi jaringan yang
diterapkan mulai dari desktop hingga sistem genggam. Perubahan yang begitu
drastis ini membuat batas antara komputasi tradisional dan komputasi berbasis
jaringan sudah tidak jelas lagi.
Komputasi berbasis jaringan menyediakan
fasilitas pengaksesan data yang luas oleh berbagai perangkat elektronik. Akses
tersedia asalkan perangkat elektronik itu terhubung dalam jaringan, baik dengan
kabel maupun nirkabel.
Komputasi model terbaru ini juga berbasis
jaringan dengan clustered system . Digunakan super computer untuk melakukan
komputasinya. Pada model ini komputasi dikembangkan melalui pc-farm . Perbedaan
yang nyata dengan komputasi berbasis jaringan adalah bahwa komputasi berbasis
grid dilakukan bersama-sama seperti sebuah multiprocessor dan tidak hanya
melakukan pertukaran data seperti pada komputasi berbasis jaringan.
Lingkungan komputasi itu sendiri bisa
diklasifikasikan berdasarkan cara data dan instruksi programnya dihubungkan
yang terdiri atas empat kategori berikut ini :
1. Single instruction
stream-single data stream (SISD), terdapat satu prosesor dan biasa juga disebut
komputer sekuensial, contohnya komputer model van Neumann.
2. Single instruction
stream-multiple data stream (SIMD), terdapat sejumlah prosesor dan aliran data,
tetapi hanya memiliki satu instruksi/program. Setiap prosesor memiliki memori
lokal dan duplikasi program yang sama sehingga masing-masing prosesor akan
mengeksekusi instruksi/program yang sama, tetapi pada data yang berbeda dan
prosesor bekerja secara sinkron sehingga mendukung paralelisasi pada proses
komputasi data.
3. Multiple instruction
stream-single data stream (MISD), terdapat sejumlah prosesor, kontrol unit dan
aliran instruksi tetapi hanya memiliki satu aliran data. Data yang ada di
common memory akan dimanipulasi secara bersamaan oleh semua prosesor, akibatnya
akan terjadi kendala jika sejumlah prosesor melakukan update data sedangkan
data yang lama masih dibutuhkan oleh sejumlah prosesor lainnya. Sampai saat ini
belum ada implementasi mesin komputer yang memenuhi kategori ini.
4. Multiple instruction
stream-multiple data stream (MIMD), terdapat sejumlah prosesor, aliran
instruksi dan aliran data. Setiap prosesor memiliki kontrol unit, memori lokal
serta memori bersama (shared memory) yang mendukung proses paralelisasi dari
sisi data dan instruksi. Prosesor dapat bekerja sesuai dengan instruksi program
yang berbeda dan pada data yang berbeda. Prosesor juga dapat bekerja secara
asinkron.
Beberapa teknologi interface baru
Teknologi Thunderbolt, Interface I/O
(input output) Paling Baru Milik Intel
Thunderbolt adalah interface I/O
(input output) paling baru yang dikembangkan oleh Intel. Nama asli
Thunderbolt sebelumnya adalah Light Peak. Thunderbolt menawarkan metode baru koneksi
transfer data berkecepatan tinggi melalui port PCI Express atau Display Port.
Saat pertama kali teknologi transfer data Thunderbolt diumumkan oleh Intel,
tidak banyak vendor yang memberi perhatian pada teknologi ini. Namun kini,
beberapa vendor mitra kerja Intel telah mengumumkan akan menggunakan teknologiThunderbolt di produk mereka,
seperti motherboard, notebook dan personal computer (PC) desktop pada
April 2012.
Awalnya, hanya Apple yang gencar
mengadopsi Thunderbolt. Pada awal 2011 lalu, Apple mulai menyematkan teknologi ini pada produk terbaru
MacBook Pro, iMac, MacBook Air, dan MacBook Mini. Kini vendor Asustek Computer,
Gigabyte Technology, dan ASRock juga akan mengadopsi Thunderbolt. Kabarnya,
Sony dan Canon juga berminat mengadopsi teknologi ini.
Intel akan melakukan standarisasi teknologi ini secara bertahap dan menurunkan biaya adopsi Thunderbolt untuk para vendor pada semester kedua 2012. Transfer file dan video bisa bisa mencapai 10 Gbps. Kecepatan ini dua kali lebih cepat dibandingkan USB 3.0 dan 20 kali lebih tinggi dari USB 2.0. Intel mengklaim, Thunderbolt mampu mentransfer data full-lenght high definition (HD) film kurang dari 30 detik.
Pada produk Apple, Thunderbolt dikoneksikan melalui Mini Display Port. Sehingga memungkinkan produk Apple melakukan transfer file video dengan performa tinggi, dan tampilan beresolusi tinggi.
Intel akan melakukan standarisasi teknologi ini secara bertahap dan menurunkan biaya adopsi Thunderbolt untuk para vendor pada semester kedua 2012. Transfer file dan video bisa bisa mencapai 10 Gbps. Kecepatan ini dua kali lebih cepat dibandingkan USB 3.0 dan 20 kali lebih tinggi dari USB 2.0. Intel mengklaim, Thunderbolt mampu mentransfer data full-lenght high definition (HD) film kurang dari 30 detik.
Pada produk Apple, Thunderbolt dikoneksikan melalui Mini Display Port. Sehingga memungkinkan produk Apple melakukan transfer file video dengan performa tinggi, dan tampilan beresolusi tinggi.
Sumber : kompas tekno
Seperti diumumkan di blog resmi
Google, layanan email Google, yaitu Gmail, akan punya tampilan baru. Tampilan
baru ini lebih mudah diatur.
Jason Cornwell, desainer layanan
Gmail mengatakan, selama ini Google telah banyak menambah fitur-fitur yang
membuat Gmail jadi semakin canggih, tapi tampilannya juga jadi lebih rumit.
"Itulah salah satu alasan kita
memperbaharuinya, dengan merapikan dan menyingkirkan hal-hal yang tidak perlu,
sehingga Gmail jadi lebih baik dan juga enak dipandang."
Selain Gmail, Google Calendar juga
akan punya tampilan baru. Selain itu akan ada theme baru untuk setting-nya.
Selama beberapa bulan ke depan, Google akan melakukan beberapa perubahan
interface berbagai fitur.
User Interface Ala Minority Report didemokan di TED
Anda yang sudah melihat film
Minority Report pasti mengagumi kecanggihan teknologi yang ada di film
tersebut. Salah satunya yaitu saat Tom Cruise menggunakan tangannya dan
menggerakkan tangan dengan sarung tangan khusus yang tanpa menyentuh layar
apapun bisa menavigasi dan memanipulasi sejumlah image di layar visual tanpa
bersentuhan langsung dengan layar fisik. Jadi teknologi navigasi ini
benar-benar memanfaatkan sensor gerakan dan isyarat secara 3D.
Konsep navigasi dengan gerakan dan
isyarat dalam film tersebut dibuat oleh Jon Underkoffler dari MIT Media Lab
ternyata telah bekerja keras menjadikan konsep di film tersebut menjadi
kenyataan di bawah perusahaan milik Underkoffler yaitu Oblong. Interface
revolusioner ini dinamakan “g-speak” oleh pihak Oblong.
Banyak demo-demo proyek hasil riset
dari John yang menyajikan konsep navigasi baru didemokan di TED (acara seminar
terkenal untuk para tokoh berpengaruh dunia dalam hal teknologi, entertainment
dan desain). Jadi Anda yang baru saja memasuki teknologi navigasi dengan
sentuhan maupun multi sentuh seperti di iphone, bersiap-siaplah memasuki
teknologi navigasi 3D tak lebih dari 5 tahun lagi di perangkat komputer Anda
menurut Underkoffler.
Kesimpulannya :
Sari saya pribadi , menarik kesimpulan bahwa teknologi interface itu akan terus berkembang secara pesat dan cepat untuk memberikan kemudahan pemakaian para user dalam memenuhi kebutuhannya dan membantu semua aktifitas kerja .
Sumber
:
oh iyaa ghaffar.. makasiiih banyaak yoo atas infonya ...
BalasHapus