Sabtu, 27 Oktober 2012

Perkembangan Teknologi Interface terbaru dan semua lingkungan komputansinya


Pengertian Interface

Interface atau antarmuka secara umum adalah sebuah titik, wilayah, atau permukaan dimana dua zat atau benda berbeda bertemu; dan digunakan secara metafora sebagai perbatasan antar benda. Bentuk kerjanya berarti menghubungkan dua titik atau lebih  benda pada suatu titik atau batasan yang terbagi, atau untuk menyiapkan kedua benda untuk tujuan tersebut.
Secara khusus, pengertian interface dapat dikelompokkan ke dalam beberapa bidang:

Interface pengguna adalah fungsi dan atribut sensor dari suatu sistem (aplikasi, perangkat lunak, kendaraan, dll) yang berhubungan dengan pengoperasiannya oleh pengguna.

Di bidang teknik komputer, interface adalah :

 Batasan fifik dari subsistem atau alat.

 Sebuah bagian atau sirkuit di beberapa subsistem yang mengirim atau menerima sinyal ke atau dari subsistem lainnya: antamuka jaringan, antarmuka video, kartu network.

 Sebuah standar yang menjelaskan sebuah himpunan karakteristik yang berfungsi, karakteristik interkoneksi fisik umum, dan karakteristik signal untuk pertukaran data atau signal; antarmuka USB, antarmuka SCSI .


Di bidang telekomunikasi, interface merupakan sebuah titik terkoneksi antara pengguna peralatan terminal dan fasilitas komuikasi komersial.

Untuk bidang teknik softwaqre, interface adalah sebiah spesifikasi dari properti sebuah komponen software yang komponen lainnya dapat bergantung kepadanya.

Di bidang kimia, interface adalah permukaan antara dua fase yang berbeda dan campuran “heterogeneous”.

Di bidang geologi, interface adalah sebuah permukaan atau lapisan “anamlous” antara dua “epoch” geologikal yang berbeda atau jenis batuan.

Untuk sistem operasi, interface merupakan suatu layanan yang disediakan sistem operasi sebagai sarana interaksi antara pengguna dengan sistem operasi. Interface dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu: CLI (Command Line Interface) dan GUI (Graphics User Interface).

Lingkungan komputansi

Lingkungan komputasi adalah suatu lingkungan di mana sistem komputer digunakan. Lingkungan komputasi dapat dikelompokkan menjadi empat jenis : komputasi tradisional, komputasi berbasis jaringan, dan komputasi embedded, serta komputasi gri.

Pada awalnya komputasi tradisional hanya meliputi penggunaan komputer meja (desktop) untuk pemakaian pribadi di kantor atau di rumah. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi maka komputasi tradisional sekarang sudah meliputi penggunaan teknologi jaringan yang diterapkan mulai dari desktop hingga sistem genggam. Perubahan yang begitu drastis ini membuat batas antara komputasi tradisional dan komputasi berbasis jaringan sudah tidak jelas lagi.

Komputasi berbasis jaringan menyediakan fasilitas pengaksesan data yang luas oleh berbagai perangkat elektronik. Akses tersedia asalkan perangkat elektronik itu terhubung dalam jaringan, baik dengan kabel maupun nirkabel.

Komputasi model terbaru ini juga berbasis jaringan dengan clustered system . Digunakan super computer untuk melakukan komputasinya. Pada model ini komputasi dikembangkan melalui pc-farm . Perbedaan yang nyata dengan komputasi berbasis jaringan adalah bahwa komputasi berbasis grid dilakukan bersama-sama seperti sebuah multiprocessor dan tidak hanya melakukan pertukaran data seperti pada komputasi berbasis jaringan.

Lingkungan komputasi itu sendiri bisa diklasifikasikan berdasarkan cara data dan instruksi programnya dihubungkan yang terdiri atas empat kategori berikut ini  :

1.  Single instruction stream-single data stream (SISD), terdapat satu prosesor dan biasa juga disebut komputer sekuensial, contohnya komputer model van Neumann.

2.  Single instruction stream-multiple data stream (SIMD), terdapat sejumlah prosesor dan aliran data, tetapi hanya memiliki satu instruksi/program. Setiap prosesor memiliki memori lokal dan duplikasi program yang sama sehingga masing-masing prosesor akan mengeksekusi instruksi/program yang sama, tetapi pada data yang berbeda dan prosesor bekerja secara sinkron sehingga mendukung paralelisasi pada proses komputasi data.

3.  Multiple instruction stream-single data stream (MISD), terdapat sejumlah prosesor, kontrol unit dan aliran instruksi tetapi hanya memiliki satu aliran data. Data yang ada di common memory akan dimanipulasi secara bersamaan oleh semua prosesor, akibatnya akan terjadi kendala jika sejumlah prosesor melakukan update data sedangkan data yang lama masih dibutuhkan oleh sejumlah prosesor lainnya. Sampai saat ini belum ada implementasi mesin komputer yang memenuhi kategori ini.

4.   Multiple instruction stream-multiple data stream (MIMD), terdapat sejumlah prosesor, aliran instruksi dan aliran data. Setiap prosesor memiliki kontrol unit, memori lokal serta memori bersama (shared memory) yang mendukung proses paralelisasi dari sisi data dan instruksi. Prosesor dapat bekerja sesuai dengan instruksi program yang berbeda dan pada data yang berbeda. Prosesor juga dapat bekerja secara asinkron.

Beberapa teknologi interface baru

Teknologi Thunderbolt, Interface I/O (input output) Paling Baru Milik Intel



Thunderbolt adalah interface I/O (input output) paling baru yang dikembangkan oleh Intel. Nama asli Thunderbolt sebelumnya adalah Light Peak. Thunderbolt menawarkan metode baru koneksi transfer data berkecepatan tinggi melalui port PCI Express atau Display Port. Saat pertama kali teknologi transfer data Thunderbolt diumumkan oleh Intel, tidak banyak vendor yang memberi perhatian pada teknologi ini. Namun kini, beberapa vendor mitra kerja Intel telah mengumumkan akan menggunakan teknologiThunderbolt di produk mereka, seperti  motherboard, notebook dan personal computer (PC) desktop pada April 2012.

Awalnya, hanya Apple yang gencar mengadopsi Thunderbolt. Pada awal 2011 lalu, Apple mulai menyematkan teknologi ini pada produk terbaru MacBook Pro, iMac, MacBook Air, dan MacBook Mini. Kini vendor Asustek Computer, Gigabyte Technology, dan ASRock juga akan mengadopsi Thunderbolt. Kabarnya, Sony dan Canon juga berminat mengadopsi teknologi ini.

Intel akan melakukan standarisasi teknologi ini secara bertahap dan menurunkan biaya adopsi Thunderbolt untuk para vendor pada semester kedua 2012. Transfer file dan video bisa bisa mencapai 10 Gbps. Kecepatan ini dua kali lebih cepat dibandingkan USB 3.0 dan 20 kali lebih tinggi dari USB 2.0. Intel mengklaim, Thunderbolt mampu mentransfer data full-lenght high definition (HD) film kurang dari 30 detik.

Pada produk Apple, Thunderbolt dikoneksikan melalui Mini Display Port. Sehingga memungkinkan produk Apple melakukan transfer file video dengan performa tinggi, dan tampilan beresolusi tinggi.

Sumber : kompas tekno

 Gmail Akan Punya Interface Baru


Seperti diumumkan di blog resmi Google, layanan email Google, yaitu Gmail, akan punya tampilan baru. Tampilan baru ini lebih mudah diatur.

Jason Cornwell, desainer layanan Gmail mengatakan, selama ini Google telah banyak menambah fitur-fitur yang membuat Gmail jadi semakin canggih, tapi tampilannya juga jadi lebih rumit.

"Itulah salah satu alasan kita memperbaharuinya, dengan merapikan dan menyingkirkan hal-hal yang tidak perlu, sehingga Gmail jadi lebih baik dan juga enak dipandang."

Selain Gmail, Google Calendar juga akan punya tampilan baru. Selain itu akan ada theme baru untuk setting-nya. Selama beberapa bulan ke depan, Google akan melakukan beberapa perubahan interface berbagai fitur.

User Interface Ala Minority Report didemokan di TED


Anda yang sudah melihat film Minority Report pasti mengagumi kecanggihan teknologi yang ada di film tersebut. Salah satunya yaitu saat Tom Cruise menggunakan tangannya dan menggerakkan tangan dengan sarung tangan khusus yang tanpa menyentuh layar apapun bisa menavigasi dan memanipulasi sejumlah image di layar visual tanpa bersentuhan langsung dengan layar fisik. Jadi teknologi navigasi ini benar-benar memanfaatkan sensor gerakan dan isyarat secara 3D.

Konsep navigasi dengan gerakan dan isyarat dalam film tersebut dibuat oleh Jon Underkoffler dari MIT Media Lab ternyata telah bekerja keras menjadikan konsep di film tersebut menjadi kenyataan di bawah perusahaan milik Underkoffler yaitu Oblong. Interface revolusioner ini dinamakan “g-speak” oleh pihak Oblong.

Banyak demo-demo proyek hasil riset dari John yang menyajikan konsep navigasi baru didemokan di TED (acara seminar terkenal untuk para tokoh berpengaruh dunia dalam hal teknologi, entertainment dan desain). Jadi Anda yang baru saja memasuki teknologi navigasi dengan sentuhan maupun multi sentuh seperti di iphone, bersiap-siaplah memasuki teknologi navigasi 3D tak lebih dari 5 tahun lagi di perangkat komputer Anda menurut Underkoffler.


Kesimpulannya :

Sari saya pribadi , menarik kesimpulan bahwa teknologi interface itu akan terus berkembang secara pesat dan cepat untuk memberikan kemudahan pemakaian para user dalam memenuhi kebutuhannya dan membantu semua aktifitas kerja .

Sumber :
h



1 komentar: