Selama saya belajar matakuliah "
Pengantar Telematika # " yang erat kaitannya dengan matakuliah softskill
yang dapat mengasah kreatifitas mahasiswa untuk berkreatifitas dalam menulis.
Saya sudah memposting banyak tulisan diantaranya , yaitu :
- TUGAS
1. Judul : ALL ABOUT
PENGANTAR TELEMATIKA
Tanggal Posting : 2012-09-21 JAM 14:33:04
Link :
http://christinamoetz.blogspot.com/2012/09/all-about-pengantar-telematika.html
Ringkasan :
Telematika adalah
singkatan dari Telekomunikasi dan Informatika. Istilah telematika sering
dipakai untuk beberapa macam bidang, sebagai contoh adalah :
Integrasi antara sistem telekomunikasi dan
informatika yang dikenal sebagai Teknologi Komunikasi dan Informatika atau ICT
(Information and Communications Technology). Secara lebih spesifik, ICT
merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan
informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi.
Secara umum, istilah telematika dipakai juga
untuk teknologi Sistem Navigasi/Penempatan Global atau GPS (Global Positioning
System) sebagai bagian integral dari komputer dan teknologi komunikasi
berpindah (mobile communication technology).
Secara lebih spesifik,
istilah telematika dipakai untuk bidang kendaraan dan lalu lintas (road
vehicles dan vehicle telematics).
2. Judul : Kesimpulan
Telematika
Tanggal Posting : 2012-09-30 JAM 01:30:48
Link :
http://christinamoetz.blogspot.com/2012/09/kesimpulan-telematika.html
Ringkasan :
Google Inc. (NASDAQ:
GOOG dan LSE: GGEA) merupakan sebuah perusahaan publik Amerika Serikat,
berperan dalam pencarian Internet,Cloud Computing, serta teknologi iklan online
& perangkat lunak. Keuntungan dari AdWords merupakan hampir seluruh
keuntungan perusahaan ini.
3. Judul : Perkembangan
Teknologi Interface terbaru dan semua lingkungan komputansinya
Tanggal Posting : 2012-10-28 JAM15:28:05
Link :
http://christinamoetz.blogspot.com/2012/10/perkembangan-teknologi-interface.html
Ringkasan :
Interface atau
antarmuka secara umum adalah sebuah titik, wilayah, atau permukaan dimana dua
zat atau benda berbeda bertemu; dan digunakan secara metafora sebagai
perbatasan antar benda. Bentuk kerjanya berarti menghubungkan dua titik atau
lebih benda pada suatu titik atau
batasan yang terbagi, atau untuk menyiapkan kedua benda untuk tujuan tersebut.
Secara khusus,
pengertian interface dapat dikelompokkan ke dalam beberapa bidang:
@ Interface pengguna
adalah fungsi dan atribut sensor dari suatu sistem (aplikasi, perangkat lunak,
kendaraan, dll) yang berhubungan dengan pengoperasiannya oleh pengguna.
@ Di bidang teknik
komputer, interface adalah :
♥ Batasan fifik dari
subsistem atau alat.
♥ Sebuah bagian atau
sirkuit di beberapa subsistem yang mengirim atau menerima sinyal ke atau dari
subsistem lainnya: antamuka jaringan, antarmuka video, kartu network.
♥ Sebuah standar yang
menjelaskan sebuah himpunan karakteristik yang berfungsi, karakteristik
interkoneksi fisik umum, dan karakteristik signal untuk pertukaran data atau
signal; antarmuka USB, antarmuka SCSI .
4. Judul : Bagaimana
Fungsional Kolaborasi Antarmuka Otomotif Multimedia (AMIC) Telematika
Tanggal Posting : 2013-01-01 JAM 20:35:08
Link :
http://christinamoetz.blogspot.com/2013/01/bagaimana-fungsional-kolaborasi.html
Ringkasan :
AMIC - The Automotive
Multimedia Interface Kolaborasi (AMIC) didirikan pada Oktober 1998 dengan
tujuan untuk mengembangkan serangkaian spesifikasi umum untuk multimedia.
Automotive Multimedia Interface Collaboration (AMI-C) sudah memiliki anggota :
Fiat, Ford, General Motors, Honda, Mitsubishi, Nissan, PSA Peugeot-Citroen,
Renault. AMI-C mengembangkan dan men-standarisasi antarmuka multimedia dan
telematika otomotif yang umum untuk jaringan komunikasi kendaraan. Dan 40
pemasok elektronik mendaftarkan diri untuk menulis standar. Mereka berpendapat
untuk menulis standar diperlukan waktu selama 2 tahun. Tapi dua tahun adalah
masa di telematika. Penyelenggara elektronik, ponsel, komputer dan peralatan
video yang akan menggunakan koneksi dapat melewati beberapa generasi dalam
waktu itu.
-
TULISAN
1. Judul : ALL ABOUT PENGANTAR TELEMATIKA
Tanggal Posting :
Link : http://christinamoetz.blogspot.com/2012/09/all-about-pengantar-telematika.html
Ringkasan :
Telematika adalah
singkatan dari Telekomunikasi dan Informatika. Istilah telematika sering
dipakai untuk beberapa macam bidang, sebagai contoh adalah:
Integrasi antara sistem
telekomunikasi dan informatika yang dikenal sebagai Teknologi Komunikasi dan
Informatika atau ICT (Information and Communications Technology). Secara lebih
spesifik, ICT merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan
penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi.
Secara umum, istilah
telematika dipakai juga untuk teknologi Sistem Navigasi/Penempatan Global atau
GPS (Global Positioning System) sebagai bagian integral dari komputer dan
teknologi komunikasi berpindah (mobile communication technology).
Secara lebih spesifik,
istilah telematika dipakai untuk bidang kendaraan dan lalulintas (road vehicles
dan vehicle telematics).
Di dalam bahasa Indonesia dikenal dengan
Telematika. Kata telematika berasal dari istilah dalam bahasa Perancis
Telematique yang merujuk pada bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan
teknologi informasi. Istilah telematika merujuk pada hakekat cyberspace sebagai
suatu sistem elektronik yang lahir dari perkembangan dan konvergensi
telekomunikasi, media dan informatika.
2. Judul : cara kerja jaringan modem, wifi, dan wireless
Tanggal Posting : 2012-10-01 JAM 04:06:21
Link : http://christinamoetz.blogspot.com/2012/09/cara-kerja-jaringan-modem-wifi-dan.html
Ringkasan :
Perbedaan cara kerja
antara modem dengan ethernet adalah pada masalah jarak. Modem tidak dipengaruhi
oleh jarak walaupun hanya memiliki kecepatan
50 Kbps (kilobits per second), sedangkan pada ethernet yangmemiliki
kecepatan 10 atau 100 Mbps (megabit per second) hanya bisa dalam jarak maksimum
kurang lebih1 km. Kecepatan cable modem berkisar antara 3 – 56 Mbps, dan bisa
bekerja dalam jarak 100 km lebih.
Proses kerja dari cable
modem adalah memisahkan sinyal dari TV kabel menjadi dua, yaitu sinyal untuktelevisi
dan sinyal data yang dihubungkan ke
cable modem. Kedua sinyal itu tidak akan mencampuri satu sama lainnya. Kemudian
cable modem dihubungkandengan kartu jaringan (Network Interface Card)
yangterdapat dalam PC (Personal Computer). Kecepatandata downstream (sinyal
masuk) rata-rata berkisarantar 4-56 Mbps.
3. Judul : arsitektur
kolaborasi client dan server
Tanggal Posting : 2012-10-01 JAM 04:07:31
Link : http://christinamoetz.blogspot.com/2012/09/arsitektur-kolaborasi-client-dan-server.html
Ringkasan :
Dalam client/server,
client-client yang cerdas bertanggung jawab untuk bagian dari aplikasi yang
berinteraksi dengan user, termasuk logika bisnis dan komunikasi dengan server
database. Tipe-tipe tugas yang terjadi pada client adalah :
· Antarmuka pengguna
· Interaksi database
· Pengambilan dan modifikasi data
· Sejumlah aturan bisnis
· Penanganan kesalahan
Server database berisi
mesin database, termasuk tabel, prosedur tersimpan, dan trigger (yang juga berisi
aturan bisnis). Dalam sistem client/server, sebagian besar logika bisnis
biasanya diterapkan dalam database. Server database manangani :
· Manajemen data
· Keamanan
· Query, trigger, prosedur tersimpan
· Penangan kesalahan
Arsitektur
client/server merupakan sebuah langkah maju karena mengurangi beban pemrosesan
dari komputer sentral ke komputer client. Ini berarti semakin banyak user
bertambah pada aplikasi client/server, kinerja server file tidak akan menurun
dengan cepat.
6. Judul : di lihat dari sisi user, client, dan server apa
itu arsitektur telematika
Tanggal Posting : 2012-10-01 JAM 04:09:08
Link : http://christinamoetz.blogspot.com/2012/09/di-lihat-dari-sisi-user-client-dan.html
Ringkasan :
Asitektur Sisi Client
Arsitektur Client
merujuk pada pelaksanaan atau penyimpanan data pada browser (atau klien) sisi
koneksi HTTP. JavaScript adalah sebuah contoh dari sisi klien eksekusi, dan
cookie adalah contoh dari sisi klien penyimpanan.
Karakteristik Klien :
· Memulai terlebih dahulu permintaan ke
server.
· Menunggu dan menerima balasan.
· Terhubung ke sejumlah kecil server
pada waktu tertentu.
· Berinteraksi langsung dengan pengguna
akhir, dengan menggunakan GUI.
Arsitektur Sisi Server
Sebuah eksekusi sisi
server adalah server Web khusus eksekusi yang melampaui standar metode HTTP itu
harus mendukung. Sebagai contoh, penggunaan CGI script sisi server khusus tag
tertanam di halaman HTML; tag ini memicu tindakan terjadi atau program untuk
mengeksekusi.
Karakteristik Server:
· Selalu menunggu permintaan dari salah
satu klien.
· Melayani klien permintaan kemudian menjawab
dengan data yang diminta ke klien.
· Sebuah server dapat berkomunikasi
dengan server lain untuk melayani permintaan klien.
· Jenis-jenisya yaitu : web server, FTP
server, database server, E-mail server, file server, print server. Kebanyakan
web layanan ini juga jenis server.
7. Judul : layanan
Tanggal Posting : 2012-10-11 jam 15:15:50
Link : http://christinamoetz.blogspot.com/2012/10/layanan-pengantar-telematika.html
Ringkasan :
Berbagai keadaan
menunjukkan bahwa Indonesia belum mampu mendayagunakan potensi teknologi
telematika secara baik, dan oleh karena itu Indonesia terancam "digital
divide" yang semakin tertinggal terhadap negara-negara maju. Kesenjangan
prasarana dan sarana telematika antara kota dan pedesaaan, juga memperlebar
rurang perbedaan sehingga terjadi pula "digital divide" di dalam
negara kita sendiri. Indonesia perlu melakukan terobosan agar dapat secara
efektif mempercepat pendayagunaan teknologi telematika yang potensinya sangat
besar itu,untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dan mempererat persatuan
bangsa sebagai landasan yang kokoh bagi pembangunan secara berkelanjutan.
Di dalam hal ini
pemerintah perlu secara proaktif dan dengan komitmen yang tinggi membangun kesadaran
politik dan menumbuhkan komitmen nasional, membentuk lingkungan bisnis yang
kompetitif, serta meningkatkan kesiapan masyarakat untuk mempercepat
pengembangan dan pendayagunaan teknologi telematika secara sistematik.
Indonesia perlu
menyambut komitmen dan inisiatif berbagai lembaga internasional, kelompok
negara atau negara-negara lain secara sendiri-sendiri dalam meningkatkankerja
sama yang lebih erat dalam penyediaan sumber daya pembiayaan, dukungan teknis,
dan sumber daya lain untuk membantu Indonesia sebagai negara berkembang
mengatasi "digital divide".
8. Judul : ALL ABOUT COMPUTER VISION
Tanggal Posting : 2012-10-23 JAM 14:58:46
Link : http://christinamoetz.blogspot.com/2012/10/all-about-computer-vision.html
Ringkasan :
Computer Vision
didefinisikan sebagai salah satu cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari
bagaimana komputer dapat mengenali obyek yang diamati/ diobservasi. Cabang ilmu
ini bersama Intelijensia Semu (Artificial Intelligence) akan mampu menghasilkan
sistem intelijen visual (Visual Intelligence System). Perbedaannya adalah
Computer Vision lebih
mempelajari bagaimana komputer dapat mengenali obyek yang diamati/ diobservasi.
Namun komputer grafika lebih ke arah pemanipulasian gambar (visual) secara
digital. Bentuk sederhana dari grafika komputer adalah grafika komputer 2D yang
kemudian berkembang menjadi grafika komputer 3D, pemrosesan citra (image
processing), dan pengenalan pola (pattern recognition). Grafika komputer sering
dikenal juga dengan istilah visualisasi data.
Computer Vision adalah
kombinasi antara Pengolahan Citra dan Pengenalan Pola. Pengolahan Citra (Image
Processing) merupakan bidang yang berhubungan dengan proses transformasi
citra/gambar (image). Proses ini bertujuan untuk mendapatkan kualitas citra yang
lebih baik.
9. Judul : all about this is Speech recognition dan
middleware telematika
Tanggal Posting : 2012-10-23 JAM 14:59:49
Link : http://christinamoetz.blogspot.com/2012/10/all-about-this-is-speech-recognition.html
Ringkasan :
Speech Recognition
adalah proses identifikasi suara berdasarkan kata yang diucapkan dengan
melakukan konversi sebuah sinyal akustik, yang ditangkap oleh audio device
(perangkat input suara).
Speech Recognition juga
merupakan sistem yang digunakan untuk mengenali
perintah kata dari
suara manusia dan kemudian diterjemahkan menjadi suatu data
yang dimengerti oleh
komputer. Pada saat ini, sistem ini digunakan untuk
menggantikan peranan
input dari keyboard dan mouse.
Keuntungan dari sistem
ini adalah pada kecepatan dan kemudahan dalam penggunaannya. Kata – kata yang
ditangkap dan dikenali bisa jadi sebagai hasil akhir, untuk sebuah aplikasi
seperti command & control, penginputan data, dan persiapan dokumen.
Parameter yang dibandingkan ialah tingkat penekanan suara yang kemudian akan
dicocokkan dengan template database yang tersedia. Sedangkan sistem pengenalan
suara berdasarkan orang yang berbicara dinamakan speaker recognition. Pada
makalah ini hanya akan dibahas mengenai speech recognition karena kompleksitas
algoritma yang diimplementasikan lebih sederhana daripada speaker recognition.
Algoritma yang akan diimplementasikan pada bahasan mengenai proses speech
recognition ini adalah algoritma FFT (Fast Fourier Transform), yaitu algoritma
yang cukup efisien dalam pemrosesan sinyal digital (dalam hal ini suara) dalam
bentuk diskrit. Algoritma ini mengimplementasikan algoritma Divide and Conquer
untuk pemrosesannya. Konsep utama algoritma ini adalah mengubah sinyal suara
yang berbasis waktu menjadi berbasis frekuensi dengan membagi masalah menjadi
beberapa upa masalah yang lebih kecil.
10. Judul : bagaimana
speksifikasi
Tanggal Posting : 2013-01-01 JAM 20:36:19
Link :
http://christinamoetz.blogspot.com/2013/01/bagaimana-speksifikasi-osgi.html
Ringkasan :
Teknologi OSGi adalah
seperangkat spesifikasi yang mendefinisikan sistem komponen dinamis untuk Java.
Spesifikasi ini memungkinkan sebuah model pengembangan dimana aplikasi
(dinamis) terdiri dari banyak berbeda (reusable) komponen. Spesifikasi OSGi
memungkinkan komponen untuk menyembunyikan implementasi mereka dari komponen
lain saat berkomunikasi melalui layanan, yang merupakan objek yang secara
khusus dibagi antara komponen. Model ini sangat sederhana telah jauh mencapai
efek untuk hampir semua aspek dari proses pengembangan perangkat lunak.
Meskipun komponen
telah di cakrawala untuk waktu yang lama, sejauh ini mereka gagal untuk membuat
baik pada janji-janji mereka. OSGi adalah teknologi pertama yang benar-benar
berhasil dengan sistem komponen yang memecahkan masalah nyata banyak dalam
pengembangan perangkat lunak. Pengadopsi teknologi OSGi melihat kerumitan
berkurang secara signifikan di hampir semua aspek pembangunan. Kode lebih mudah
untuk menulis dan menguji, menggunakan kembali meningkat, membangun sistem
menjadi lebih sederhana, penyebaran lebih mudah dikelola, bug terdeteksi lebih
awal, dan runtime memberikan wawasan besar ke dalam apa yang sedang berjalan.
Paling penting, ia bekerja seperti yang dibuktikan oleh adopsi luas dan
digunakan dalam aplikasi populer seperti Eclipse dan Spring.
11. Judul : Bagaimana
Speksifikasi dari Open Service Gateway Initiative
Tanggal Posting : 2013-01-01 JAM 20:37:35
Link :
http://christinamoetz.blogspot.com/2013/01/bagaimana-spesifikasi-dari-open.html
Ringkasan :
The OSGi Alliance
(sebelumnya dikenal sebagai Open Services Gateway inisiatif, sekarang nama
kuno) adalah terbuka organisasi standar yang didirikan pada Maret 1999. Aliansi
dan anggota-anggotanya telah ditentukan yang Java berbasis layanan platform yang
dapat dikelola dari jarak jauhInti bagian dari spesifikasi adalah sebuah
kerangka kerja yang mendefinisikan suatu manajemen siklus hidup aplikasi model,
layanan registry, sebuah lingkungan Eksekusi dan Modul. Berdasarkan kerangka
ini, sejumlah besar OSGi layers, API, dan Jasa telah ditetapkan.OSGi teknologi
adalah sistem modul dinamis untuk Java ™.OSGi teknologi menyediakan layanan
berorientasi, komponen berbasis lingkungan untuk para pengembang dan menawarkan
cara-cara standar untuk mengelola siklus hidup perangkat lunak. Kemampuan ini
sangat meningkatkan nilai berbagai komputer dan perangkat yang menggunakan
platform Java.Pengadopsi teknologiOSGi manfaat dari peningkatan waktu ke pasar
dan mengurangi biaya pengembangan karena teknologi OSGi menyediakan integrasi
pra-dibangun dan pra-komponen subsistem diuji. Teknologi ini juga mengurangi
biaya pemeliharaan dan kemajuan aftermarket baru peluang unik karena jaringan
dapat dimanfaatkan untuk secara dinamis mengupdate atau memberikan layanan dan
aplikasi di lapangan.
12. Judul : Manajemen
Database Sistem Perangkat Bergerak
Tanggal Posting : 2013-01-01 JAM 20:38:04
Link : http://christinamoetz.blogspot.com/2013/01/manajemen-database-sistem-perangkat.html
Ringkasan :
Sebuah sistem manajemen
basisdata relasional atau dalam bahasa Inggrisnya dikenal sebagai relational
database management system (RDBMS) adalah sebuah program komputer (atau secara
lebih tipikal adalah seperangkat program komputer) yang didisain untuk
mengatur/memanajemen sebuah basisdata sebagai sekumpulan data yang disimpan
secara terstruktur, dan melakukan operasi-operasi atas data atas permintaan
penggunanya. Contoh penggunaan DBMS ada banyak sekali dan dalam berbagai bidang
kerja, misalnya akuntansi, manajemen sumber daya manusia, dan lain sebagainya.
Meskipun pada awalnya DBMS hanya dimiliki oleh perusahaan-perusahaan berskala
besar yang memiliki perangkat komputer yang sesuai dengan spesifikasi standar
yang dibutuhkan (pada saat itu standar yang diminta dapat dikatakan sangat tinggi)
untuk mendukung jumlah data yang besar, saat ini implementasinya sudah sangat
banyak dan adaptatif dengan kebutuhan spesifikasi data yang rasional sehinggal
dapat dimiliki dan diimplementasikan oleh segala kalangan sebagai bagian dari
investasi perusahaan. Keluhan yang muncul dan dikenal secara umum terhadap
keberadaan RDBMS adalah kenyataan bahwa implementasi yang ada saat ini
dipandang sebagai terlalu “statis”. Spekulasipun bermunculan terhadap
kemungkinan untuk membuat sebuah sistem basisdata generasi baru yang
menggunakan model “relasional secara dinamis” dengan kolom yang bisa dibuat
secara dinamis, ukuran yang berkembang secara dinamis, didefinisikan secara
dinamis.
13. Judul : manajemen
data dari sisi klien
Tanggal Posting : 2013-01-01 JAM 20:38:57
Link : http://christinamoetz.blogspot.com/2013/01/manajemen-data-dari-sisi-klien.html
Ringkasan :
Apa yang pengertian
dari ”Manajemen data Telematika”. Merupakan pengembangan dan penerapan
arsitektur, kebijakan, praktik, dan prosedur yang secara benar menangani siklus
hidup lengkap data yang dibutuhkan oleh suatu perusahaan. Jadi, Manajemen data
telematika merupakan prosedur yang menangani siklus hidup lengkap data yang
dibutuhkan oleh perusahaan dengan bantuan telematika.
Didalam manajemen data
telematika ini, di bagi-bagi menjadi 3,kategori yaitu :
1. Manajemen data sisi klien
2. Manajemen data sisi server
3. Manajemen data base sistem perangkat
bergerak
14. Judul : manajemen
data dari sisi user
Tanggal Posting : 2013-01-01 JAM 20:39:31
Link :
http://christinamoetz.blogspot.com/2013/01/manajemen-data-dari-sisi-user.html
Ringkasan :
Manajeman Data Sisi
Client adalah dimana pemrosesan dan pengolahan data terjadi pada sisi klien,
dalam hal ini contohnya adalah user, dan nantinya data tersebut dapat
dikirimkan ke server, atau disinkronisasikan dengan server. Sedangkan Manajemen
Data Sisi Server adalah dimana pemrosesan dan pengolahan terjadi pada sisi
server, baik data itu dikirim dari klien, maupun mengolah data yang telah ada
di server itu sendiri.
Client server
diaplikasikan pada aplikasi mainframe yang sangat besar untuk membagi beban
proses loading antara client dan server. Dalam perkembangannya, client server
dikembangkan oleh dominasi perusahaan-perusahaan software yaitu Baan, Informix,
Microsoft, Novell, Oracle, SAP, PeopleSoft, Sun, dan Sybase.
Awalnya pengertian
client server adalah sebuah system yang saling berhunungan dalam sebuah
jaringan yang memiliki dua komponen utama yang satu berfungsi sebagai client
dan satunya lagi sebagai server atau biasa disebut 2-Tier. Definisi lain dari
client server adalah pembagian kerja antara server dan client yg mengakses
server dalam suatu jaringan. Jadi arsitektur client-server adalah desain sebuah
aplikasi terdiri dari client dan server yang saling berkomunikasi ketika
mengakses server dalam suatu jaringan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar